Selasa, 21 Mei 2024
Perguruan Tinggi

12 Skema Sertifikasi di LSP Unib Terverifikasi oleh BNSP

12 Skema Sertifikasi di LSP Unib Terverifikasi oleh BNSP

SEBANYAK 12 skema sertifikasi yang diajukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Bengkulu telah sukses diverifikasi oleh BNSP. Kesuksesan ini menandakan sebuah langkah penting dalam upaya peningkatan kredibilitas akademik dan profesionalisme lulusan Universitas Bengkulu.

Informasi dihimpun Tim Humas Unib, pengajuan verifikasi skema sertifikasi ini merupakan upaya strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kompetensi lulusan. Ke 12 skema yang telah berhasil diverifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), dapat dilihat pada daftar di bawah ini.

Daftar Skema Sertifikasi yang Diverifikasi :

No.SkemaNomor Sertifikat
1.Sertifikasi KKNI Jenjang 6 Bidang Hubungan IndustrialSKM-LSP-FH-01/III/2024
2.Sertifikasi Klaster Perancangan Kontrak Pengadaan Barang/JasaSKM-LSP-FH-02/III/2024
3.Sertifikasi Klaster Penyiapan Kegiatan Perencanaan PembangunanSKM-LSP-FEB-01/III/2024
4.Sertifikasi KKNI Jenjang 4 Bidang Kewirausahaan IndustriSKM-LSP-FEB-02/III/2024
5.Sertifikasi Klaster Memproduksi Konten KehumasanSKM-LSP-FISIP-01/III/2024
6.Sertifikasi Okupasi Fasilitator Pemberdayaan MasyarakatSKM-LSP-FISIP-02/III/2024
7.Sertifikasi Okupasi Petugas Kesehatan dan Keselamatan KerjaSKM-LSP-FT-01/III/2024
8.Sertifikasi Klaster Pemasangan Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga SuryaSKM-LSP-FT-02/III/2024
9.Sertifikasi Klaster Perencanaan Pekerjaan LaboratoriumSKM-LSP-FKIP-01/III/2024
10.Sertifikasi KKNI Jenjang 6 Bidang Data AnalitikSKM-LSP-FMIPA-01/III/2024
11.Sertifikasi KKNI Level 5 Bidang Kultur JaringanSKM-LSP-FP-01/III/2024
12.Sertifikasi Okupasi Analis Sistem Informasi GeografisSKM-LSP-FP-02/III/2024
Daftar Skema.(ist)

Ketua LSP Unib, Mukti Dono Wilopo, S.Pi, M.Si menjelaskan, proses ini lebih dari sekedar verifikasi. Ini merupakan keseriusan LSP Unib dalam menaikkan standar kualitas pendidikan dan output Universitas Bengkulu.

“Ini adalah langkah awal menuju full asessment untuk memperoleh lisensi BNSP, yang merupakan bagian dari upaya kontinyu LSP untuk memastikan bahwa lulusan Unib tidak hanya siap dari segi akademik, tetapi juga kompeten dan relevan dengan kebutuhan industri saat ini,” ujarnya.

“Salah satu skema sertifikasi kompetensi disusun oleh anggota komite skema sertifikasi dari Fakultas Teknik yaitu Dr. Eng. Afdhal Kurniawan, S.T, M.T dan Agustin Gunawan, S.T, M.Eng,” tambah Mukti Dono.

Salah satu lembar verifikasi.(ist)

Sementara itu, sebagai Ketua Komite Skema Sertifikasi, Wakil Rektor Unib Bidang Akademik, Prof. Dr. Mochamad Lutfi Firdaus, S.Si, M.T, sangat mengapresiasi kesuksesan verifikasi ini.

Menurut Prof. Lutfi Firdaus, pengembangan skema sertifikasi ini dijalankan oleh para profesional dan akademisi yang berkompeten di bidangnya. Hal ini menunjukkan betapa Unib sangat serius dalam memastikan bahwa kurikulum dan program pembelajaran di Unib benar-benar sesuai dengan kebutuhan industri yang terus berkembang.

“Kami yakin, dengan skema sertifikasi yang telah diverifikasi oleh BNSP, satu langkah lebih dekat untuk memastikan bahwa lulusan Unib memiliki kompetensi yang diakui secara nasional,” ujarnya.

Dengan verifikasi dari BNSP ini, LSP Universitas Bengkulu akan segera menyiapkan Materi Uji Kompetensi dan calon asesor untuk melakukan uji kompetensi terhadap mahasiswa dan peserta didik. Langkah ini diharapkan LSP P1 Universitas Bengkulu akan segera mendapatkan lisensi penuh dari BNSP dan hal ini membuka lebih banyak peluang bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengakuan kompetensi yang berstandar nasional.[Rilis LSP. Editor : Humas].