Rabu, 22 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UTBK SNBT Hari Pertama di Untirta Berjalan Lancar

UTBK SNBT Hari Pertama di Untirta Berjalan Lancar

Serang,- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) hari pertama pada tanggal 30 April 2024. Pelaksanaan Ujian hari pertama terpantau berjalan lancar di 5 titik lokasi ujian yaitu kampus Untirta sindangsari, kampus Untirta pakupatan, kampus Untirta cilegon, kampus Untirta Kepandean serta kampus mitra UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Palima.
Hari pertama pelaksanaan UTBK, Achmad Syarief dari ITB selaku Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang sedang mengunjungi Untirta menilai bahwa persiapan yang dilakukan Untirta sudah bagus. “Setelah mengunjungi dan meninjau ruang ujian baik yang ada di Untirta dan kampus mitra secara umum sudah bagus dan sesuai dengan panduan. Beberapa poin yang perlu diperbaiki seperti kurangnya panah petunjuk jalan diharapkan bisa menjadi catatan evaluasi,” ucap beliau.
Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. Fatah Sulaiman juga menyampaikan bahwa dari hasil Monev, ujian SNBT di Untirta berjalan lancar tanpa ada kendala apapun. Sebelum ujian dimulai beliau juga memberikan motivasi kepada seluruh peserta untuk berusaha maksimal, rilex dan menjalankan ujian dengan maksimal.

Dr. Enggar Utari, M.Si, selaku Wakil Dekan bidang Akademik FKIP Untirta dan Penanggung Jawab Lapangan UTBK di kampus Pakupatan, bersama dr. I Made Arya Subadiyasa, M. Biomed., Sp. OG, Wakil Dekan bidang Akademik FKIK, menyatakan bahwa pelaksanaan UTBK di Pakupatan juga berjalan lancar. Terdapat 3 ruang ujian dengan total kapasitas 135 orang. Sebanyak 270 calon mahasiswa baru mengikuti kegiatan UTBK di Pakupatan, dengan 11 peserta tidak hadir. “Alhamdulillah UTBK berjalan lancar kami juga dibantu oleh tim medis oleh Dr. Hj. Lili Amaliah Wakil Dekan bidang II FKIK dan tim Teknisi Server, segala antisipasi kecurangan juga kami perhatikan,” ucap beliau. Beliau juga menekankan pentingnya kehadiran tepat waktu dan memperhatikan jadwal serta lokasi ujian.

Koordinator tim Kesehatan UTBK Untirta Dr. Hj. Lili Amaliah juga menyampaikan bahwa Fakultas Kedokteran sudah menyiapkan sebanyak 27 orang tim kesehatan yang disebar di 5 lokasi ujian. Tim kesehatan juga menyiapkan sebanyak 11 orang dokter dan perawat yang bertugas di lokasi selama ujian berlangsung. Tim kesehatan juga menyiapkan beberapa obat obatan emergency sederhana seperti Analgesik, Antipiretik, Oksigen dll. “Sejauh ini dikampus pakupatan ada 1 orang peserta yang hadir dengan kondisi kurang fit dikarenakan belum sarapan pagi, Meskipun semua kebutuhan emergency sudah siap, diharapkan semua peserta ujian yang hadir dalam kondisi sehat dan tidak lupa untuk sarapan terlebih dahulu,” ucap beliau.
UTBK sesi pertama serentak dimulai pada pukul 06.45 s.d 10.30 WIB dan dilanjutkan sesi kedua pukul 12.30 s.d 16.30 di seluruh kampus Untirta serta kampus Mitra. (PPVA/AAP)