Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Kunjungan Tim Monev SNPMB Perkuat Kualitas Pelaksanaan Pusat UTBK-SNBT 2024 di Kalimantan Barat

Kunjungan Tim Monev SNPMB Perkuat Kualitas Pelaksanaan Pusat UTBK-SNBT 2024 di Kalimantan Barat

Pontianak, 7 Mei 2024 – Tim Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) kembali memperkuat kualitas pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2024 melalui serangkaian Kunjungan dan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di beberapa lokasi penyelenggaraan UTBK-SNBT.

Pusat UTBK Universitas Tanjungpura (UNTAN) menjadi satu diantara Kunjungan dan Monev kali ini, yang dilaksanakan oleh Anggota Tim Monev Panitia SNPMB. Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie, Ph.D, dan Dr. Ing Ahmad Taqwa M.T, dua tokoh penting dalam bidang pendidikan, turut hadir dalam Monitoring dan Evaluasi.

Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie, Ph.D, menjalankan Monev di Pusat UTBK UNTAN Pontianak dari tanggal 6 hingga 8 Mei 2024.

Sementara itu, Dr. Ing Ahmad Taqwa M.T, mengawasi pelaksanaan UTBK di Pusat UTBK UNTAN Ketapang pada rentang waktu 1 hingga 4 Mei 2024. Kehadiran keduanya tentu untuk memastikan transparansi dan kualitas pelaksanaan tes.

Pusat UTBK Universitas Tanjungpura (UNTAN)  tersebar di tiga tempat di Kalimantan Barat, yaitu di Kampus Universitas Tanjungpura (UNTAN), Politeknik Negeri Sambas (POLTESA), dan Politeknik Negeri Ketapang (POLITAP). Totalnya, sebanyak 11.644 peserta terdaftar untuk mengikuti UTBK-SNBT 2024 di UNTAN, dimulai sejak 30 April hingga 15 Mei 2024.

Kegiatan Kunjungan dan Monev ini bukan hanya sekadar evaluasi, namun juga merupakan wujud komitmen SNPMB dalam memastikan proses seleksi mahasiswa baru berjalan sesuai standar yang ditetapkan. Diharapkan, hasil Monev ini dapat menjadi landasan untuk penyempurnaan proses seleksi ke depannya, sehingga dapat tercipta sistem seleksi yang lebih adil dan berkualitas.