Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

IUP SCU Perkuat Jalinan Kolaborasi Bersama Universitas di Filipina

IUP SCU Perkuat Jalinan Kolaborasi Bersama Universitas di Filipina

Sebanyak 19 mahasiswa Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) SCU mengikuti Linkage Workshop di De La Salle University-Dasmariñas (DLSUD) Filipina. Mereka ditemani Direktur International Undergraduate Program (IUP) Soegijapranata Catholic University (SCU), Peter Ardhianto, PhD dan dosen Program Studi Arsitektur SCU, Nita Dwi Estika, MArs. Kunjungan tersebut dilaksanakan pada 25-2 Mei 2024. Kedua dosen Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) SCU tersebut juga aktif mengajar di sana dalam Visiting Lecture.

Student Exchange: Linkage Workshop

Linkage Workshop sendiri merupakan program pertukaran mahasiswa jangka pendek. Program ini sekaligus merupakan salah satu bentuk kerja sama FAD SCU bersama College of Engineering, Architecture and Technology (CEAT) DLSUD Filipina. “Student exchange yang kita kemas dalam bentuk workshop karena jangka waktunya yang hanya 1 minggu,” jelas Peter. Baik FAD SCU maupun CEAT DLSUD Filipina rutin mengirimkan mahasiswanya secara bergantian setidaknya sekali setiap tahunnya.

“Program ini udah bantu aku untuk mendapatkan international exposure. Selain relasi, aku juga mendapatkan banyak wawasan baru, mulai dari perbedaan program pembelajaran, mata kuliah, hingga perbedaan culture,” ujar mahasiswa Program Global Architecture SCU, Tiara Esa Wiyanto.

Agenda Kerja Sama

Bersama jajaran dekanat dan dosen CEAT DLSUD Filipina, Peter dan Nita berdiskusi mengenai agenda kerja sama antar kedua perguruan tinggi. Adapun fokusnya yaitu program double degree yang akan dibuka untuk mahasiswa Program Global Architecture IUP SCU pada 2026 mendatang.

Selain itu, konferensi internasional serta kompetisi dan riset bersama juga menjadi agenda kerja sama yang dibahas. Kedua belah pihak juga mendiskusikan persiapan pertukaran dosen serta mahasiswa yang akan direalisasikan pada 2025.

Double Degree-nya sudah deal, selanjutnya akan dibuka kemungkinan untuk program studi lainnya di SCU. Sudah ada Memorandum of Agreement (MoA) antar universitas, sehingga memungkinkan banyak program kerja sama yang bisa diagendakan,” tambah Peter.

Selain DLSUD Filipina, IUP SCU juga telah menggandeng Hungkuang University dan Asia University Taiwan. Saat ini, Peter bersama timnya juga sedang menjalani proses penjajakan dengan beberapa perguruan tinggi, seperti Vilnius University dan Kaunas University of Technology.

“Semoga semua program kerja sama yang dibahas dapat terealisasi, sehingga mahasiswa memiliki lebih banyak pilihan untuk mendapatkan pengalaman internasional,” harap Peter.