Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Perikanan UNJA, PMM di UNITOMO: “Asik bisa Nambah Jaringan dan Naik ke Bromo”

Mahasiswa Perikanan UNJA, PMM di UNITOMO: “Asik bisa Nambah Jaringan dan Naik ke Bromo”

Pewarta: Ayu Zelnita
Foto: ist*

Editor: Mochammad Farisi
Copyright © HUMAS UNJA 2024

Mendalo,- Gilang Ramadhan mahasiswa Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Universitas Jambi (UNJA) berhasil mengukir prestasi dengan mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch-4 selama satu semester dimulai pada bulan Februari hingga Agustus 2024 di Universitas Dr. Soetomo (UNITOMO) Surabaya, Jawa timur.

Gilang mengungkapkan motivasinya mengikuti program PMM 4 di Universitas Dr. Soetomo Surabaya ini untuk mengembangkan wawasan dan pengetahuannya secara komprehensif melalui pengalaman belajar dilingkungan akademis yang berbeda.

“Melalui program PMM 4 ini, saya berkeinginan untuk memperdalam pemahaman terhadap pengetahuan pada sistem pengajaran dan bidang studi di Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Selain itu selama mengikuti PMM 4 ini membantu saya mengenal banyak orang, mengenal budaya lokal Surabaya, memperkaya pengetahuan akademis, membentuk karakter dan pandangan saya terhadap dunia luar,” ungkapnya.

Gilang juga bercerita bahwa ia beruntung mengikuti PMM 4 di UNITOMO karena selama mengikuti program PMM 4 ini menjadi salah satu momen yang berkesan bagi dirinya. Ia berkesempatan untuk berkunjung dan mengeksplor tempat bersejarah seperti Museum 10 November, Museum Dr. Soetomo, Alun-alun Surabaya dan Gunung Bromo. Ia juga berharap program PMM ini tetap berlanjut untuk kedepannya agar mahasiswa UNJA bisa merasakan kebahagiaan dan pengalaman yang berharga seperti yang ia rasakan.

Laura Hermala Yunita, S.Pi., M.Si. sebagai pembimbing akademik mengatakan bahwa Program Pertukaran Mahasiswa dirancang untuk meningkatkan, menambah, dan memperkaya kompetensi mahasiswa.

“Melalui Program ini, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman baru terhadap nilai-nilai kebinekaan (keberagaman suku, agama, kepercayaan, kebudayaan, dan bahasa). Menjalin pertemanan lintas budaya, dan adat istiadat. Mengembangkan Soft Skills (kepemimpinan, kepercayaan diri, dan kepekaan sosial).

Selain itu, Ia juga menambahkan bahwa dalam mengikuti program PMM ini terdapat banyak keuntungan yang didapat oleh mahasiswa seperti kesempatan mengambil pilihan mata kuliah di luar prodi, memperoleh nilai hasil pengakuan kredit mata kuliah dari Perguruan Tinggi hingga kurang lebih 20 sks dan mendapatkan e-sertifikat nasional dari Dirjen Diktiristek, Kemendikbudristek,” ujarnya.