Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

5 berita Populer UNJA, Pelatihan Pemadaman Karhutla, Pesta UKM Musik, Hingga Runner Up Bujang Gadis 2024.

5 berita Populer UNJA, Pelatihan Pemadaman Karhutla, Pesta UKM Musik, Hingga Runner Up Bujang Gadis 2024.

Pewarta: Ayu Zelita
Foto: HUMAS
Editor: Mochammad Farisi
Copyright © HUMAS UNJA 2024

MENDALO,- Dalam sepekan Universitas Jambi menerbitkan berita berbagai kegiatan dan prestasi civitas akademika. Berikut 5 berita paling populer UNJA berdasarkan pembaca terbanyak:

1. Nadin Amizah Ramaikan “Pasti Pesta” UKM Musik UNJA

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Musik Universitas Jambi (UNJA) mengadakan kompetisi dan pertunjukan musik ‘Pasti Pesta’ yang berlangsung di Balairung Pinang Masak UNJA Mendalo, pada 8 – 9 Juni 2024.

‘Pasti Pesta’ merupakan sebuah pergelaran besar dari UKM Musik yang mengadakan kompetisi dengan 2 kategori yaitu Band Competition dan Kpop Dance Competition. Selain itu terdapat juga pertunjukan musik spesial dengan menghadirkan guest star Nadin Amizah dan local hero Jambi.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Depison dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini.

“Seluruh panitia sangat luar biasa mampu membuat acara yang sangat besar, saya berharap acara ini bisa sukses dan menjadi acara tahunan yang dilaksanakan oleh UKM Musik di Universitas Jambi,” ungkap beliau.

Kegiatan ini bukan hanya acara spesial yang ditunggu-tunggu tetapi juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk terus mengeksplor diri terutama di bidang music, selengkapnya baca Nadin Amizah Ramaikan ‘Pasti Pesta’ UKM Musik UNJA – Universitas Jambi

2. Jadi Runner Up Bujang Gadis Provinsi Jambi 2024, Dila: “Muda Harus Pintar, Kreatif dan Berbudaya”

Dila Ifditia, mahasiswi Prodi Kehutanan Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Jambi (UNJA) menorehkan prestasi gemilang dengan berhasil meraih ‘Runner Up 4 Gadis Jambi’ pada pemilihan ‘Bujang Gadis Provinsi Jambi Tahun 2024’ yang berlangsung di Museum Siginjai Jambi, pada 22-28 Mei 2024.

Pemilihan Bujang Gadis Jambi adalah sebuah kompetisi yang bertujuan untuk mencari Bujang dan Gadis terbaik di Provinsi Jambi. Ajang ini dirancang untuk menemukan individu yang tidak hanya memiliki penampilan menarik, tetapi juga berwawasan luas, kreatif, dan mampu berperan sebagai inisiator, kolaborator, serta promotor. Melalui proses seleksi yang ketat, para peserta diuji dalam berbagai aspek, termasuk pengetahuan tentang budaya lokal, kemampuan berkomunikasi, dan potensi kepemimpinan.

Dila berhadapan dengan 67 orang peserta Bujang dan Gadis dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi, hingga akhirnya ia menjadi Runner Up 4 Gadis Jambi 2024. Atas prestasinya, ia berhasil membawa pulang piagam penghargaan, piala, boneka mascot, dan uang pembinaan.

3. Pertama di Indonesia! UNJA, APHI, dan PT WKS Gelar Operasi Pemadaman Karhutla di Kampus

Universitas Jambi (UNJA) bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Komda Jambi dan PT Wirakarya Sakti (WKS) menyelenggarakan simulasi dan pelatihan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada Rabu 12 Juni 2024, bertempat di lapangan Sepakbola UNJA Mendalo.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran dalam manajemen kebakaran hutan dan lahan, mengambil inspirasi dari keberhasilan Provinsi Jambi dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan selama fenomena El Nino tahun 2023.

Seluruh civitas akademika Universitas Jambi turut andil kegiatan Edukasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang melibatkan 500 mahasiswa dalam aksi Penanganan Karhutla. Helikopter jenis Bell 412 juga turut melakukan Water Boombing dan gelar Alat Perlengkapan Karhutla.

Dengan tema “Learning & Training to Improve Knowledge and Awareness in Forest Fire Management,” acara ini juga melibatkan berbagai instansi penting seperti Pemerintah Provinsi Jambi, seperti Gubernur Jambi yang diwakili Staff Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Muktamar Hamdi, S.E., M.M.; Ketua APHI Komda Jambi, Taufik Qurochman, S.H., M.H., Korem 042/Garuda Putih, Polda Jambi, BPBD Jambi, Manggala Agni, BMKG Jambi, BRGM, dan Basarnas.
Kolaborasi antar instansi ini bertujuan untuk memperkuat sinergi dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, memastikan kesiapsiagaan yang lebih baik dalam menghadapi situasi darurat.

Acara ini diharapkan dapat menjadi Benchmark dan inspirasi bagi Provinsi lain di Indonesia dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang lebih efektif di masa mendatang.

4. 4 Pengalaman Seru Dyon Mahasiswa FAPERTA Ikut Magang Bersertifikat di BUMN

Mahasiswa Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Jambi (UNJA), Dyon Saputra, berbagi pengalamannya ketika menjalani Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) pada 2023 silam.

PMMB merupakan inisiatif yang bertujuan untuk mempresiapkan dan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, terutama dalam menghadapi persaingan global. Program ini menghubungkan dunia industri dengan perguruan tinggi melalui pemagangan yang berfokus pada kompetensi dan sertifikasi.

Jumlah peserta yang mengikuti PMMB sekitar 90 peserta yang tersebar di seluruh Indonesia. Kegiatan berlokasi di Perum. Bulog Kanwil Jambi.

Tujuan dari program magang ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswa agar mengenal kehidupan dunia kerja. Kegiatan ini dilaksanakan oleh FHCI dan bekerja sama dengan BUMN yang berlangsung selama 6 bulan.

5. Dua Mahasiswa UNJA Sabet Gelar di Ajang Pemilihan Bujang Gadis Kota Jambi 2024

Mahasiswa Universitas Jambi (UNJA) kembali menorehkan prestasinya dengan meraih gelar sebagai Wakil 1 Gadis Kota Jambi 2024 atas nama Lindy Kesya Zahra Putri dan Bujang Intelegensi Kota Jambi 2024 atas nama Rizky Septiawan dalam ajang Pemilihan Bujang Gadis Kota Jambi 2024, diselenggarakan di Aula Griya Mayang Rumah Dinas Walikota dan Ballroom Swiss-Belhotel Jambi pada 07-30 Mei 2024.

Lindy yang merupakan mahasiswi Program Studi Agribisnis, menegaskan keinginannya untuk berperan aktif dalam mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Kota Jambi.

Selain Lindy, Rizky yang merupakan mahasiswa Program Studi Agreoteknologi juga mengutarakan bahwa ajang tersebut memungkinkan mereka untuk mengembangkan potensi melalui pembelajaran, serta berperan dalam mempromosikan pariwisata, budaya, dan kegiatan sosial di Kota Jambi

Prestasi yang diraih oleh mahasiswa UNJA ini tidak hanya mengharumkan nama Universitas Jambi, tetapi juga memberikan inspirasi bagi generasi muda di Kota Jambi untuk terus berprestasi dan berkontribusi dalam memajukan Kota Jambi.

Ikuti terus sosial media Universitas jambi untuk mengetahui berita populer lainnya.