Sabtu, 29 Juni 2024
Perguruan Tinggi

UMSU Bersama PDM Kota Medan dan PW Muhammadiyah Sumut Sambut Kunjungan Persatuan Muhammadiyah Singapura

UMSU Bersama  PDM Kota Medan dan PW Muhammadiyah Sumut Sambut Kunjungan Persatuan Muhammadiyah Singapura

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Utara, UMSU dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Medan sambut hangat kunjungan Persatuan Muhammadiyah Singapura, pada Minggu (16/6) di Auditorium Kampus UMSU Jalan Muchtar Basri No.3 Medan.

Kehadiran rombongan Persatuan Muhammadiyah Singapura ke kota Medan dan Aceh dalam rangka penyaluran 117 ekor lembu dari masyarakat Singapura untuk hari raya IdulAdha.

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP sangat antusias menyambut kedatangan mereka, “Tentu inilah kunjungan yang luar biasa. Selamat datang saudara kami dari Persatuan Muhammadiyah Singapura, mudah-mudahan muhibah ini dapat mempererat hubungan antar persyarikatan,” kata Rektor UMSU.

Prof Agussani, juga menyampaikan, sebelumnya UMSU dan Persatuan Muhammadiyah Singapura telah melaksanakan beberapa kegiatan dan silaturahim jarak jauh pada masa covid-19.

“Dulu saat silaturahim jarak jauh, UMSU dan Muhammadiyah Singapura pernah mencanangkan kerja sama dalam peningkatan ekonomi,” kata Rektor UMSU.

Pada kesempatan ini, dia turut melaporkan progres UMSU sebagai amal usaha Muhammadiyah yang berhasil menduduki peringkat ke-4 Universitas Islam Terbaik di dunia versi UniRank.

UMSU juga berperan dalam pendirian Muhammadiyah di Perlis Malaysia dan Australia sebagai anggota konsorsium pembelian lahan serta Menyalurkan bantuan dari tokoh Muhammadiyah Singapura untuk masyarakat Medan.

Terakhir, Prof. Agussani berharap Muhammadiyah Singapura dapat turut berkolaborasi dalam menyukseskan Mukhtamar 2027, yang mana Muhammadiyah Sumut serta UMSU ditunjuk sebagai tuan rumah.

Sementara itu, General Sekretari Persatuan Muhammadiyah Singapura Roszanah Binte Abdul Salim pada sambutannya membenarkan bahwa UMSU dan Muhammadiyah Singapura telah menjalin hubungan baik sejak lama, “Alhamdulillah, sekarang kami ada tiba di sini. Kedatangan kami dalam rangka ibadah kurban, alhamdulillah 117 ekor kambing disalurkan dari masyarakat singapura,” ujarnya.

Rozanah menjelaskan bahwa Muhammadiyah Singapura terbagi dalam lima zona, tidak ada cabang, semua terpusat. Terdapat dua institusi yaitu rumah Kebajikan Muhammadiyah Singapura dan Rumah Jaga orangtua serta pusat pendidikan seperti Madrasah dan Collage.

Sekretaris PWM Sumatera Utara, Irwansyah Putra, M.A dan Ketum PDM Kota Medan, Maulana Siregar Siregar, MA berharap ke depannya terjalin kolaborasi-kolaborasi berkemajuan antara Muhammadiyah Sumut dan Singapura.

Kunjungan diakhiri dengan penyerahan cendramat dan buku. Kemudian dilanjutkan dengan berkeliling melihat kampus UMSU.

Hadir pada kunjungan ini Sekretaris PWM Sumut, Irwansyah Putra, M.A, General Sekretari Persatuan Muhammadiyah Singapura Roszanah Binte Abdul Salim dan jajaran, BPH UMSU Prof. Munawir dan Prof. Muthalib, Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP dan para Wakil Rektor, Ketua PDM Kota Medan, Maulana Siregar Siregar MA serta Para Pimpinan Pascasarjana, Pimpinan Fakuktas dan Kepala Biro Se-UMSU.