Kamis, 04 Juli 2024
Sekolah Menengah Pertama

Bertaburan Prestasi Hebat di Akhirussanah dan Wisuda Tahfidz MTsN Surakarta 1

Surakarta- MTsN Surakarta 1 menggelar Akhirusannah dan Wisuda Tahfidz di Gedung Graha Saba Buana pada Kamis (20/06/2024). Kegiatan dimulai pada pukul 07.00-12.00 dan diikuti 309 siswa kelas 9 dengan didampingi orang tua beserta guru dan tendik.
Kegiatan dibuka dengan penampilan eskul hadrah dan band. Dua lagu dibawakan oleh grup hadrah dan 3 lagu oleh grup band. Seluruh tamu yang hadir menikmati penampilan 2 ekskul tersebut dengan antusias. “Salut dengan MTsN Surakarta 1. Tidak hanya jago di akademiknya ternyata eskulnya luar biasa dan dibimbing oleh bspak ibu guru sendiri,”tutur Rahma, Wali Murid.
Setelah penampilan kedua ekskul selesai kegiatan dilanjutkan dengan kirab lulusan dan kirab bapak ibu guru dan tendik. Kirab berlangsung khidmat. Siswa kelas 9 mengikuti semua prosesi dengan lancar dan tertib.
Suasana berubah menjadi haru ketika Kamadmenyampaikan sambutan sekaligus penyerahan siswa kelas 9 ke orang tua. “Dalam kesempatan ini kami serahkan kembali siswa yang semula berjumlah 310 menjadi 309 kepada bapak ibu wali siswa. Karena salah satu siswa kami atas nama Ananda Sa’dan Anasta Nain telah berpulang ke rahmatullah. Perlu bapak ibu ketahui bahwa Ananda Sa’dan juga dinyatan diterima sebagai siswa di SMA Taruna Nusantara,”tutur Nurul Qomariyah, Kamad. Nurul juga meminta pada hafirin untuk mendoakan ananda Sa”dan.
Puncak acara akhirussanah dan wisuda tahfidzini adalah penyampain penghargaan untuk siswa berprestasi. Siswa berprestasi yang mendapatkan penghargan adalah peringkat 1 dari setiap kelas., 10 peringkat paralel berdasar nilai rapor dan asesmen madrasah, capainhafalan Alquran terbanyak dan raihan poin terbanyak bidang akademik dan nonakademik berdasar kurasi madrasah. Selain itu juga diberikan penghargaan untuk siswa yang sudah diterima di SMA/ MA dengan seleksi nasional. Penghargaan untuk kategori terakhirini merupakan capaian hebat siswa MTsN Surakarta 1 karena ada 6 siswa diterima di SMA Taruna Nusantara,2 siswa diterima di MAN IC serpong, 3 siswa diterima di MAN IC Pekalongan, 6 siswa diterima di MAPK Surakarta, 6 siswa di SMA CT Arsa Foundation, 1 siswa di SMA Pradita Dirgantara, 1 siswa di SMA International Bilingual Depok.disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta, Hidayat Masykur. Beliau juga menyampaikan ucapan selamat atas kelulusan siswa dan ucapan selamat atas diterimanya siswa di sekolah lanjutan dengan seleksi nasional.Hidayat Masykur berpesan kepada seluruh lulusan agar menjaga hafalan yang sudah dicapai selama di madrasah. Senada dengan Kankemenag Kota Surakarta, Kamad juga menyampaikan pesan yang sama agar lulusan menjaga hafalan dan menambah hafalannya serta meningkatkan prestasinya di sekolah lanjutan.
Kegiatan akhirussanah berjalan tertib dan meriah. Perwakilan wali siswa juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih pada madrasah. “Terima kasih atas bimbingan pada putra – putri kami. Terima kasih atas ilmu yang sudah diberikan, semoga lelah bapak ibu guru menjadi lillah,” tutur Eko Yulianto.