Senin, 01 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa IKOM UNTIRTA Adakan Cek Kesehatan Gratis untuk Sivitas Akademika FISIP

Mahasiswa IKOM UNTIRTA Adakan Cek Kesehatan Gratis untuk Sivitas Akademika FISIP

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan, sejumlah mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) yang terhimpun dalam suatu kelompok mata kuliah PR Event mengadakan kegiatan cek kesehatan gratis terhadap sivitas akademika Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNTIRTA pada Selasa (25/6/2024).
Kegiatan ini mengangkat judul “FISIP SEHAT: Medical Event Organizer Specialist in FISIP UNTIRTA” dengan mengusung tema “Carrying Our Health Checks, For Prevent Disease”. FISIP SEHAT secara khusus menargetkan Dosen, staf, serta mahasiswa/i di FISIP UNTIRTA sebagai sasaran kegiatannya.
Kegiatan cek kesehatan yang dilakukan terdiri dari cek gula darah, tekanan darah, serta skrining kesehatan lainnya seperti pola hidup, kondisi penglihatan, pendengaran, dan masih banyak lagi. Pengecekan tersebut dilakukan oleh enam orang mahasiswa Fakultas Kedokteran UNTIRTA sebagai tenaga medis relawan.
Dalam kegiatan ini, seluruh peserta yang melakukan cek kesehatan diberikan catatan hasil pemeriksaan. Para peserta juga menerima beberapa saran dari tenaga medis relawan untuk meningkatkan pola hidup sehat.
Tenaga medis relawan, Raden Roro Fadilla mengatakan secara keseluruhan hasil pemeriksaan pada sivitas akademika FISIP UNTIRTA cukup baik, hanya saja beberapa mahasiswa terkendala dengan pola tidur yang tidak teratur.
“Alhamdulillah anak-anak dari FISIP sendiri sih sehat-sehat. Cuma karena begadang nya aja yang bikin gak sehat, mungkin karena mahasiswa masih skripsi jadi jam tidur nya berantakan,” ucap Fadilla.
Dosen pengampu mata kuliah, Dr. Rd. Nia Kania Kurniawati, S.IP., M.Si pun mengapresiasi mahasiswa atas diselenggarakannya kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian mahasiswa terhadap kesehatan.
“Ya luar biasa bagus ya, karena ini menandakan mahasiswa sekarang semakin peduli dengan kesehatan di lingkungan kampus.” Tutur Nia.
Sebelumnya FISIP UNTIRTA sendiri belum pernah mengadakan kegiatan cek kesehatan gratis.
“Mudah-mudahan ke depan menjadi kesinambungan kegiatan-kegiatan FISIP ini, soalnya ini pionir, tidak pernah ada sebelumnya. Kalaupun ada itu kegiatan Dharmawanita TK Rektorat,” lanjut Nia.
Salah satu peserta kegiatan, Muhammad Fajar Faturrahman turut mengapresiasi kegiatan FISIP SEHAT yang dinilai sangat bermanfaat bagi kalangan muda yang cenderung kurang memperhatikan kesehatannya.
“Kegiatannya sangat seru yah, mengingat anak muda tuh banyak yang terlena akan kemudaannya kayak ah gue masih muda jadi gue gak perlu merhatiin kesehatan, tensi, gula dan sebaginya,” ujar Fajar.(IKOM)