Senin, 01 Juli 2024
Perguruan Tinggi

UTBK SMMPTN Barat di Untirta Hari Ke Tiga Calon Mahasiswa Baru Antusias Mengikuti Ujian

UTBK SMMPTN Barat di Untirta Hari Ke Tiga Calon Mahasiswa Baru Antusias Mengikuti Ujian

Serang, – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Masuk Mandiri Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (UTBK SMMPTN Barat), SMMPTN Barat merupakan seleksi yang di inisiasi oleh Konsorsium BKSPTN Wilayah Barat. Di Pusat SMMPTN Barat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) telah memasuki hari ketiga. Di tahap ujian ini hampir semua peserta atau calon mahasiswa baru sangat antusias datang jauh lebih awal sebelum ujian dimulai. Pelaksanaan ujian dilakukan serentak di dua lokasi kampus Untirta, yaitu Kampus Sindangsari dan Kampus D3 Keperatan FK Kepandean. Di Serang, pada hari Sabtu tanggal 29 Juni 2024.

Pada hari ketiga ini, sebanyak 278 peserta yang mengikuti ujian, ada kurang lebihnya 10% peserta yang tidak mengikuti ujian/tidak hadir. Ujian hari ini terbagi dalam dua sesi, Sesi pertama dimulai pukul 07.00 WIB hingga 10.30 WIB, sementara sesi kedua berlangsung dari pukul 13.00 WIB hingga 16.15 WIB. Para peserta terlihat antusiasnya dan penuh semangat dalam mengikuti setiap sesi ujian, meskipun tantangan keadaan di kampus D3 keperawatan Kepandean dirundung hujan dan persaingan cukup ketat.

Pelaksanaan UTBK di Untirta berlangsung dari tanggal 27 Juni 2024 hingga 9 Juni 2024. Setiap harinya, peserta harus melalui proses pemeriksaan ketat seperti body checking, metal detector dan pengecekan identitas. Persiapan kebuthan teknis dan fasilitas dengan baik sebelum ujian dilaksanakan oleh panitia, guna menjamin pelaksanaan ujian berjalan lancar tanpa hambatan.

Tim Adhoc PMB Untirta Tri Cahyono menilai bahwa persiapan dai hasil simulasi yang sudah dilakukan panitia sudah sesuai dengan SOP. “Dari fasilitas semuanya memadai. Di kampus pakupatan terpantau tidak hadir sebanyak 11 orang peserta. Secara keseluruhan semua berjalan lancar dan tidak ada kendala,” ucapnya.

Besar harapan “kepada peserta UTBK Jalur mandiri disarankan jangan sampai tidak hadir ujian karena jalur tes seleksi nasional ini yang terakhir dilaksanakan, dan bagi peserta yang tidak berhasil diterima masih dapat mengikuti di jalur berikutnya di Seleksi Mandiri Berbasis Nilai UTBK(SNBT) untuk S1 dan D3. Selamat berjuang dan selalu tetap semangat.” tuturnya. (TMA/AAP)