Rabu, 26 Juni 2024
Sekolah Menengah Atas

Semarak Perayaan HUT SMAN 8 KT ke 15 Tahun

Semarak perayaan Hari Ulang Tahun SMAN 8 Kepulauan Tanimbar ke 15 tahun 2024 (22/5) ini berlangsung dengan penuh hikmat dan kesederhanaan yang bertempat pada halaman sekolah. Sekolah yang berdiri sejak tanggal  18 Mei 2008 dan kini telah memasuki usia remaja juga menampilkan exhibition Panen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau yg dikenal dengan P5 yang mengangkat  tema “Gaya hidup berkelanjutan” dan menampilkan hasil karya dari setiap kelas.

Kegiatan panen P5 ini merupakan bagian penting dari kurikulum merdeka yang ada di setiap sekolah di Indonesia. Program P5 ini bertujuan untuk membentuk karakter siswa dalam hal mandiri, moral, etika, bernalar kritis, gotong royong, kreatif serta berkebinekaan global yang diharapkan kelak melahirkan banyak alumni yang sukses dan berkontribusi positif dalam berbagai bidang. Panen P5 yang ditampilkan di tahun ini yakni pameran memodifikasi AC menggunakan alat bahan sederhana yang ramah lingkungan dan hemat energi. Pameran proyek ini menampilkan hasil karya dari setiap kelas X dan XI serta menampilkan hasil kerajinan tangan lainnya.

OSIS sebagai panitia penyelenggara dan Kepala SMA.N.8.Kepulauan Tanimbar Ibu Henderika P. Pattian,S.pd.,M.Si sebagai penanggung jawab ini, dihadiri oleh : Kepala Cabang Dinas Pendidkan Menengah dan Khusus beserta jajarannya, Ketua MKPS, Ketua MKKS, Kepala SD, SMP, dan SMA sekota Saumlaki, juga Mantan Kepala Sekolah, dan Guru Purna Bakti serta para alumni ini, di awali dengan penampilan kelompok suling dan juga menampilkan kelompok vocal grup, kelompok music, dance, tarian daerah ini berlangsung dengan sukses.

Dalam sambutannya, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Khusus, Thomas Mariang S.Pd, secara garis besar menyampaikan pentingnya menjaga karakter anak bangsa dimasa sekarang. Dimana beliau membicarakan tentang pentingnya program P5 untuk anak-anak muda dapat berkarya sekaligus melatih mental mereka untuk masa akan datang yang akan di hadapi dengan berbagai kemajuan teknologi.

Peringatan HUT ke 15 tahun di awali dengan misa syukur yang dipimpin oleh Pastor Benediktus Suhendra Yustisianto SVD dan di lanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang merupakan wujud syukur atas berdirinya sekolah hingga saat ini. Semuanya terlihat begitu sempurna karena seluruh peserta didik dari setiap kelas berhasil menunjukan karya P5 mereka yang begitu luar biasa. (Warkor Sharon_redhumassman8kt)