Rabu, 26 Juni 2024
Sekolah Menengah Atas

Siswa-Siswi MAN 1 Sragen Mengangkat Kearifan Lokal Sragen lewat Gelar Karya

Siswa-Siswi MAN 1 Sragen Mengangkat Kearifan Lokal Sragen lewat Gelar Karya

Selasa, 21 Mei 2024

Sragen-MAN 1 Sragen pada penghujung tahun ajaran 2023/2024 mengadakan gelar karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin dengan tema Kearifan Lokal sebagai wujud implementasi Kurikulum Merdeka, adapun kegiatan ini diikuti seluruh siswa-siswi Fase E serta berlokasi di MAN 1 Sragen Selasa (21-05-2024).


Pada gelaran kali ini siswa-siswi diberi kebebasan untuk menggali, meneliti serta mempraktikan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Sragen yang meliputi segi sosial, budaya dan agama, hal ini ditujukan agar para siswa lebih mengenal serta berperan aktif terhadap kearifan lokal wilayahnya sendiri sebagai wujud pelestarian budaya lokal. Beragamnya kearifan lokal Sragen begitu nampak dari banyaknya tema yang diangkat oleh siswa mulai dari kegiatan tasyakuran, pasar malam hingga pentas pertunjukkan wayang.

Bervariasinya gelar karya mengundang antusiasme bagi pengunjung terlebih lagi pada gelar karya kali ini disajikan dalam format galeri interaksi, artinya digelar layaknya museum dengan adanya pemandu sehingga para pengunjung lebih memahami hal yang disajikan. “Saya rasa gelar karya ini lebih mudah dipahami karena ada orang yang menjelaskan serta mengarahkan saat memasuki ruangan” ucap Rio salah satu pengunjung.


“Gelar karya dengan tema Kearifan Lokal sengaja kami adakan sebagai upaya implementasi Kurikulum Merdeka serta mengenalkan berbagai budaya yang ada pada lingkungan sekitar bagi anak muda jaman sekarang khususnya siswa-siswi MAN 1 Sragen” Ungkap Windrati selaku Kepala MAN 1 Sragen. “Kami senang dengan eksplorasi yang dilakukan siswa dalam menggali kearifan lokal sehingga muncul hal relatif baru karena sebelumnya jarang kita dengar seperti adanya produsen gamelan serta wayang kelas nasional didaerah Sragen” tutup Wakil Kepala Kurikulum, Agus Triwidodo (ASW)