Kamis, 04 Juli 2024
Sekolah Menengah Pertama

Festival Jurnalisme Toleransi Keberagamaan 

Salah satu siswa MTsN Surakarta 1 Hasna Arum Kamila (9A) mengikuti “Festival Jurnalisme Toleransi Keberagamaan” yang diselenggarakan oleh Solopos _Institute_ pada Kamis (17/06/24) di Pendapi Gedhe Balai Kota Surakarta, pukul 08.00-12.00 WIB. Kegiatan ini didukung penuh oleh USAID, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah serta Pemkot Surakarta. Festival ini diikuti oleh 8 SMP dan 4 SMA Negeri serta Forum Anak Surakarta.

 

Festival Jurnalis Toleransi Keberagamaan ini diawali dengan _speech_ dari Direktur Solopos, sambutan bapak walikota Surakarta serta _Education Office_ dari Direktur USAID. Dalam kegiatan ini ditampilkan beberapa pertunjukan seni dari peserta pengukuhan Sekolah Keberagaman dan pengukuhan Forum Jurnalis Anak.

Kegiatan dilanjutkannya _Talkshow_ dengan Katharina Stogmuller sebagai narasumber dan diakhiri dengan pengumuman pemenang serts penyerahan hadiah lomba.

 

Sebelum diselenggarakannya Festival Jurnalisme Toleransi Keberagaman ini, salah satu program yang dilaksanakan adalah _Workshop_ Jurnalis yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Solo. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin-Selasa (24-25/6/2024) dan diikuti oleh 70 peserta yang merupakan siswa SMP, MTs, SMA, MA, dan pengurus Forum Anak Surakarta. Peserta _workshop_ ini akan dikukuhkan sebagai Forum Jurnalis Anak Surakarta generasi pertama.

 

Diadakannya Jurnalisme Toleransi Keberagamaan adalah mengasah keterampilan jurnalistik anak guna menanggulangi tiga dosa besar pendidikan yaitu perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi.