Kamis, 04 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Universitas Jember Siap Gelar UTBK SEMMABA 2024

Universitas Jember Siap Gelar UTBK SEMMABA 2024

Jember, 1 Juli 2024
Universitas Jember bersiap menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru (SEMMABA) tahun 2024. Kesiapan ini diperiksa langsung oleh Wakil Rektor I bidang Akademik saat memimpin rapat koordinasi akhir pelaksanaan UTBK SEMMABA 2024 di aula lantai III gedung Rektorat (1/7). Semua seksi di kepanitiaan melaporkan persiapan menjelang UTBK SEMMABA yang akan digelar dari tanggal 3 hingga 6 Juli 2024. Sesuai data, akan ada 4.075 peserta yang akan mengikuti UTBK di Kampus Tegalboto.

Menurut Prof. Slamin, untuk menampung keseluruhan peserta UTBK SEMMABA 2024, panitia menyiapkan 750 perangkat komputer yang tersebar di 26 lokasi ujian. Kemudian untuk memastikan sistem ujian yang dipakai berjalan dengan baik, seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta Pengolah Data, menggelar uji coba ketiga di hari Senin (1/7) ini.

“Jalur SEMMABA adalah jalur yang menjadi peluang terakhir menjadi mahasiswa baru Universitas Jember angkatan tahun 2024. Rencananya dari jalur SEMMABA ini kami akan menerima 2.029 calon mahasiswa baru,” ungkap Prof. Slamin.

Prof. Slamin, Wakil Rektor I bidang Akademik kala memimpin rapat persiapan UTBK SEMMABA 2024

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Universitas Jember mengingatkan Penanggung Jawab Lokasi (PJL) dan pengawas ruangan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan saat melaksanakan tugas mengawasi proses UTBK SEMMABA. Sesuai aturan maka untuk setiap 20 peserta akan diawasi oleh satu pengawas ruangan.

“Walaupun jumlah peserta tidak sebanyak saat UTBK Seleksi Nasional Berdasarkan Tes yang lalu, namun tidak berarti PJL dan pengawas ruangan boleh menurunkan tingkat kewaspadaan. Apalagi modus kecurangan makin berkembang seperti menggunakan beragam alat yang canggih. Kami dari LPMPP akan menerjunkan tim monev yang akan memastikan setiap tahapan SEMMABA Universitas Jember berjalan sesuai aturan,” jelas Albert Tallapesy.

Di akhir kegiatan rapat, Prof. Slamin selaku Ketua Panitia SEMMABA Universitas Jember menghimbau agar peserta menyiapkan diri sebaik-baiknya mengingat SEMMABA menjadi jalur terakhir penerimaan calon mahasiswa baru di kampusnya. Selain menjaga kesehatan, peserta juga diminta melaporkan ke panitia jika kebetulan memerlukan layanan tambahan, khususnya bagi peserta difabel.

“Bagi peserta UTBK SEMMABA yang karena satu dan lain hal membutuhkan layanan tambahan, jangan ragu menghubungi panitia melalui Humas Universitas Jember,” pungkas Prof. Slamin. (iim)