Minggu, 02 Juni 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

PAMERAN PENDIDIKAN GEBYAR SMK Se-DIY

PAMERAN PENDIDIKAN GEBYAR SMK Se-DIY

Yogyakarta, 27 Januari 2022.

Pameran Pendidikan Gebyar SMK Se-DIY dilaksanakan pada tanggal 22 – 23 Januari 2022 di SMK N 6 Yogyakarta. Pameran tersebut diikuti di seluruh SMK Se-DIY dengan berbagai macam agenda kegiatan yang di tampilkan setiap masing-masing SMK.

SMK Perindustrian Yogyakarta ikut berpartisipasi dengan menampilkan produk-produk unggulan karya siswa setiap jurusan yaitu Teknik Kendaraan Ringan Otomotif & Kimia Industri. Berikut catatan wawancara dengan pak Dirjen Diksi pak Wikan :

“XSha-26, apa maksudnya?” demikian pertanyaan Pak Dirjen Diksi, sambil mengamati label botol kecap produk UPJ Kompetensi Keahlian Kimia Industri SMK Perindustrian Yogyakarta pada kunjungannya di Pameran Gelar Karya Inovasi SMK se-DIY di SMKN 6 Yogyakarta, 23 Januari 2022.

“Maaf, Pak,” kata Kepala Sekolah mulai menjelaskan. “ XSha-26 dibaca Kalisahak 26. Merupakan inisial nama jalan lokasi SMK Perindustrian berada di jalan Kalisahak No. 26.”

“O… bagus itu. Jadi nama jalan lokasi sekolah, dijadikan branding produk UPJ,” Pak Wikan sakarinto manggut-manggut. “Tapi ditingkatkan ya, jangan hanya berhenti menjadi UPJ, tapi harus Teaching Factory.”

“Siap, Pak.”

Sementara Plt Direktur Mitrasdudi Pak Saryadi Guyatno menyarankan agar produk yang dihasilkan untuk dipasarkan secara online atau di market place, sebagai salah satu permujudan pembelajaran produk kreatif kewirausahaan.

Pada pameran yang berlangsung selama 2 hari beturut-turur, Sabtu-Minggu 22-23 Januari itu KK-Kimia Industri memamerkan produk UPJ-nya berupa Kecap, Pewangi laundry, hand sanitizer, sabun cuci piring. Dipamerkan juga produk rintisan berupa sabun cuci mobil yang dibagikan secara gratis kepada para pengunjung. Pada kesempatan itu beberapa pengunjung memberikan masukan sekaligus tantangan untuk pembuatan produk pembersih keramik dan pembersih kaca mobil atau produk inovatif lainnya.

Di saat yang sama UPJ Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) memamerkan produk pendukung dari kompetensi pengelasan berupa tempat pot bunga dengan berbagai bentuk dan ukuran yang menarik dan murah tentunya. Karena TKRO menitik beratkan pada pelayanan jasa, maka ditawarkan pula voucher gratis servis mobil dan penggantian oli tranmisi untuk mobil matic di bengkel otomotif TKRO SMK Perindustrian Yogyakarta.

Selanjutnya, silahkan hubungi Ibu Rini (0856 2969 979) terkait layanan produk UPJ Kimia Industri, dan Pak Yoga (0812 1560 1478) terkait layanan jasa otomotif.

Lampiran foto:

Kunjungan Bapak Saryadi Guyatno, S.T.M.B.A Plt Mitra DUDI Kemenristek