Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Umbulsari — Pada hari Rabu, 07 Februari 2024 MTs Negeri 7 Jember melaksanakan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dengan tema “Pembinaan Akhlak dan Ibadah Siswa melalui Momentum Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW”. Kegiatan ini bertempat di Masjid Al-Islah yang terletak di Dusun Sidomulyo Desa Umbulrejo. Sebanyak 756 siswa dari kelas 7, 8, dan 9 beserta bapak/ibu guru dan karyawan MTs Negeri 7 Jember turut terlibat dalam acara ini. Pada peringatan Isra’ Mi’raj kali ini turut mengundang Kyai Abu Darrin sebagai pengisi penceramah agama.

Sebelum acara inti dimulai, terdapat beberapa rangkaian pra-acara diantaranya penampilan dari siswa-siswi MTs Negeri 7 Jember :

  1. Tim hadrah MTs Negeri 7 Jember
  2. Pidato Bahasa Indonesia oleh Elisya Herte
  3. Pidato Bahasa Arab oleh Iffat Fikriyah
  4. Sambung ayat oleh Kelas Tahfidz
  5. Pembacaan yasin dan tahlil
    Setelah semua kegiatan pra-acara selesai dilanjutkan dengan sesi quiz yang dipandu oleh Bu Nala. Sesi quiz ini berlangsung sangat meriah dengan beberapa pertanyaan seputar Isra’ Mi’raj maupun tentang madrasah. Para siswa sangat bersemangat mengikuti quiz ini dan berebut untuk menjawab pertanyaan. Bagi siswa yang telah berhasil menjawab pertanyaan dengan benar, maka akan mendapatkan hadiah dari Bu Nala.

Peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam dimana Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, hingga naik ke Sidratul Muntaha untuk mendapatkan perintah dari Allah SWT yaitu sholat 5 waktu. Dalam ceramah agamanya, Kyai Abu Darrin menyampaikan bahwa Isra’ Mi’raj terjadi pada tanggal 27 Rajab malam Isnin 2 tahun sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah. Beliau juga menyampaikan bahwa ada 3 hal yang harus dilakukan jika ingin menjadi orang yang bahagia dan sukses. Pertama yaitu Taqwallah yang berarti sikap pasrah dan perasaan tenteram kepada daya dan kekuatan Allah dan tidak menyombongkan diri dengan daya dan kekuatan diri sendiri. Kedua, jangan meninggalkan wasilah. Ketiga yaitu jangan permah berhenti memperjuangkan agama.

Acara puncak dari kegiatan ini yaitu pembacaan sholawat nabi/mahalul qiyam yang dipimpin langsung oleh tim hadrah MTs Negeri 7 Jember. Selama pembacaan sholawat berlangsung, seluruh siswa secara serentak melantunkan sholawat nabi. Melalui pembacaan sholawat kita dapat menyampaikan kerinduan dan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga kelak kita semua bisa mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW. Harapannya semoga kegiatan peringatan Isra’ Mi’raj ini dapat dilakukan secara rutin setiap tahunnya sehingga mampu menumbuhkan kecintaan siswa-siswi MTs Negeri 7 Jember kepada Nabi Muhammad SAW.

@femdana