Rabu, 26 Juni 2024
Sekolah Menengah Atas

SMA NEGERI 1 GODEAN ADAKAN RANGKAIAN KEGIATAN DENGAN TEMA KESEHATAN

SMA NEGERI 1 GODEAN ADAKAN RANGKAIAN KEGIATAN DENGAN TEMA KESEHATAN

Dari delapan rangkaian kegiatan HUT SMA Negeri 1 Godean “CAKRAWANGSA ANARGHYA”, atensi panitia tak pernah lepas dari kesehatan yang juga menjadi hal terpenting dalam kehidupan, teruatma dalam masa pandemi seperti saat ini. Maka dari itu, kegiatan keenam dari delapan  rangkaian tersebut mengambil tema kesehatan dalam realisasinya. SHAJIWA, atau SMAGO Health Day merupakan serangkaian kegiatan bertema kesehatan yang dilaksanakan pada hari Jumat, 21 Januari 2022 sampai dengan Sabtu, 29 Januari 2022. Rangkaian tersebut terdiri dari cek kesehatan, donor darah, donasi seribu susu, dan webinar bertemajan gizi.

Rangkaian ini dimulai dari cek kesehatan pada Jumat, 21 Januari 2022. Cek kesehatan bersifat internal dimana pesertanya merupakan Bapak/Ibu guru karyawan dan siswa/i SMA Negeri 1 Godean. Dalam kegiatan ini, SMA Negeri 1 Godean bekerja sama dengan Puskesmas pada waktu pelaksanaannya. Cek kesehatan terdiri dari tes gula darah, tes kolesterol, tes asam urat, cek berat dan tinggi badan, dan cek tensi. Setelah pemeriksaan, terdapat sesi konsultasi dimana peserta mendapatkan arahan dari doketr mengenai hasil tes tersebut, peserta juga dapat berkonsultasi dan bertanya mengenai kesehatan tubuhnya. Selain itu, peserta juga dapat berkonsultasi mengenai kesehatan mentalnya dengan psikologi yang disediakan.

Selanjutnya, yaitu donor darah yang dilaksanakan sehari setelah cek kesehatan, yakni pada Sabtu, 22 Januari 2022. Donor darah tidak dipungut biaya dan bersifat eksternal, yang mana membuka gerbang pada masyarakat umum yang hendak ikut mengikuti kegiatan donor darah yang dilaksanakan. Dalam pelaksanaannya, SMA Negeri 1 Godean bekerja dengan PMI.

Setelah itu, terdapat donasi seribu susu yang akan disalurkan ke panti asuhan terpilih. Donasi seribu susu tersebut disalurkan pada hari Rabu, 26 Januari 2022. Donasi yang disalurkan merupakan donasi dari siswa/i SMA Negeri 1 Godean dan Bapak/Ibu guru yang telah dikumpulkan sebelumnya. Di samping donasi susu, didonasikan pula beberapa sembako.

Kegiatan terakhir dari rangkaian kegiatan SHAJIWA adalah webinar bertemakan gizi. Webinar ini dilaksanakan pada Sabtu, 29 Januari 2022 sekaligus menjadi penutup rangkaian kegiatan SHAJIWA. Webinar gizi yang dilaksanakan bersifat internal yang mana pesertanya berasal dari siswa/i SMA Negeri 1 Godean tanpa dipungut biaya.

Diadakannya SHAJIWA merupakan harapan agar kita selaku manusia tetap menjaga kesehatannya, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Selain itu, diharapkan juga kita sebagai makhluk sosial tidak hanya memikirkan mengenai diri sendiri, namun juga orang lain dengan ikut membantu teman-teman kita yang membutuhkan. SHAJIWA juga membuktikan bahwa masa pandemi bukanlah penghalang bagi masyarakat, khususnya pelajar untuk tetap melakukan hal baik kepada diri sendiri maupun orang lain. (Kontributor : OSIS SMAN 1 Godean )