Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Penguatan  Profil Pelajar Pancasila di SMAN 10 Purworejo, Melalui Literasi Membaca Al Qur’an /Kitab Sesuai Agamanya pada PTM Bulan Ramadan

Penguatan  Profil Pelajar Pancasila di SMAN 10 Purworejo, Melalui Literasi Membaca Al Qur’an /Kitab Sesuai Agamanya pada PTM Bulan Ramadan

Sesuai dengan Program Unggulan SMA Negeri 10 Purworejo sebagai Sekolah Berkarakter di Kabupaten Purworejo, pada bulan Ramadan 1443 H atau tahun 2022 seperti kegiatan PTM pada bulan-bulan yang lain, Kegiatan Literasi terus digalakkan. Bulan Ramadan ini ada keutamaan yang diprogramkan sekolah yakni Melaksanakan Literasi Membaca Al Qur’an untuk yang beragama Islam dan yang beragama selain Islam menyesuaikan.

Program ini dituangkan pula pada Jadwal Pelajaran selama Ramadan yang dilaksanakan secara serempak dengan didukung oleh Bapak dan Ibu Guru/Karyawan serta semua Orang tua/Wali Peserta Didik.

Kegiatan Literasi bermuara pada penguatan Profil Pelajar Pancasila ciri yang pertama yakni beriman dan bertagwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Profil Pelajar Pancasila ini sesuai Visi dan Misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana tertuang dalam  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Dengan dipandu oleh Tim Rohis dan Pembimbing Rohis Kegiatan Literasi dapat dilaksanakan secara hikmat. Proses kegiatan dimulai dengan Pembimbing Rohis yakni Guru Agama menyeleksi peserta didik yang memiliki tingkat Literasi baik. Hal ini dengan pertimbangan, peserta didik dengan literasi  membaca yang baik ini diharapkan bisa bertugas memandu jalannya literasi yang disentralkan melalui audio yang dihubungkan dengan audio di setiap ruang -ruang kelas SMA Negeri 10 Purworejo.

Sejumlah 448  peserta didik kelas X, XI yang  beragama Islam  selalu berusaha menyimak Al Qur’an mereka masing-masing, dan  lima peserta didik kelas X yang beragama Kristen/Katolik pun menyimak Kitab mereka masing-masing.

Keberlangsungan Kegiatan Literasi ini dilaksanakan pada Jam Ke-0 pada PTM bulan Ramadan yakni dimulai dari pukul 07.15 s.d. 07.50 menit dengan difasilitasi oleh Bapak dan Ibu Guru Mapel yang akan mengajar di Jam Pertama.

“Antusiasme Peserta Didik untuk mengikuti Kegiatan yang sudah berjalan selama sepekan ini berangsur-angsur patut dibanggakan. Semoga semakin meningkat dan menjadi satu pembiasaan yang terus dipertahankan yang pada akhirnya enam Profil Pelajar Pancasila ini menjadi karakter kuat pada seluruh peserta didik SMA Negeri 10 Purworejo. ” Demikian penuturan Kepala SMA Negeri 10 Purworejo, Dra. Setyo Mulyaningsih, M.Pd. B.I. di dampingi Waka Kurikulum, Yuni Raraswati, S.Pd. dan Waka Kesiswaan Dra. Sri Mulyani yang selalu sigap ikut mendukung dan memfasilitasi keberlangsungan Program Literasi ini.

Komitmen segenap guru dan karyawan untuk mewujudkan terbentuknya profil Pelajar Pancasila ini menjadi satu amanah mulia. Amanah yang telah diberikan oleh masyarakat di Lingkungan Kecamatan Pituruh pada khususnya dan masyarakat di Kabupaten Purworejo pada umumnya tetap terus akan dijaga.

#SMANDASA BERKARAKTER

#SMANDASA PROGRES

Penulis Yuni Raraswati, S.Pd. , Waka Kurikulum SMAN 10 Purworejo