Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

ULM TUAN RUMAH AP2SENI KE-4

ULM TUAN RUMAH AP2SENI KE-4

Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan seminar & kongres Asosiasi Program Studi  Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik Indonesia (AP2SENI) ke-4.Kongres diselenggarakan secara luring dengan protokol kesehatan yang ketat di hotel Aria Barito, Banjarmasin dan daring via Zoom Meeting dari Kamis sampai Sabtu (23-25/9/2021).

Dalam sambutannya, rektor Universitas Lambung Mangkurat, Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc menyatakan apresiasinya terhadap program studi Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ULM. “Sebagai prodi yang relatif baru yakni 10 tahun, prodi pendidikan seni telah berkembang pesat dan memberikan kontribusi yang besar dalam bidang pendidikan seni, terutama wilayah Kalimantan Selatan,” ucap rektor.

Kongres AP2SENI merupakan pertemuan yang digelar 2 tahun sekali. Pada kongres ke-4 yang diselenggarakan ULM, terdapat beberapa rangkaian acara di antaranya Seminar Nasional, Lokakarya Madihin, dan berbagai lomba seni dengan 27 universitas se-Indonesia menjadi peserta. Seminar nasional digelar pada Kamis (23/9/2021) mengusung tema “Paradigma Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) sebagai Landasan Inovasi Pendidikan  & Kreativitas Seni Milenial”. Lokakarya Madihin diselenggarakan Sabtu (25/9/2021) via Zoom Meeting. Lokakarya Madihin bertujuan untuk memberikan perkenalan dan pengalaman berkesenian madihin bagi mahasiswa di lingkungan AP2SENI.

Berbagai lomba seni yang digelar di antaranya adalah lomba Cipta Lagu Anak, lomba Inovasi Media Pembelajaran Seni, lomba Tari Kreasi, dan lomba Monolog. Seluruh mahasiswa yang universitasnya tergabung dalam AP2SENI dapat mengikuti perlombaan tersebut.