Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

ULM MENJADI TUAN RUMAH KONFERENSI INTERNASIONAL PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PERIKANAN

ULM MENJADI TUAN RUMAH KONFERENSI INTERNASIONAL PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PERIKANAN

Banjarmasin, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat  menggelar konferensi internasional dengan tema pembahasan “Pengembangan Teknologi Perikanan Lahan Basah berbasis 5.0 Untuk Mendukung Ekonomi Kerakyatan” pada Senin (20/10/2021). Konferensi internasional ini digelar sebagai salah satu rangkaian acara Dies Natalis Universitas Lambung Mangkurat ke-63 tahun. Konferensi ini digelar secara daring menghadirkan Menteri Perikanan dan Kelautan, Wahyu Sakti Trenggono, ST., MM dan Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor.

Prof. Michael Rice, Ph.D dari Amerika Serikat dan Prof. Gianfranco Risuleo dari Italia dihadirkan sebagai pembicara. Selain itu juga dihadirkan 3 (tiga) pembicara dari Indonesia di antaranya Dr. Ir. Untung Bijaksana, MP dari Universitas Lambung Mangkurat, Prof. Tri Winarni Agustina, Ph.D dari Universitas Diponegoro, dan Ir. Suparni, M.Si dari Universitas Semarang. Konferensi Internasional ini juga sekaligus menjadi pertemuan ilmiah komunitas Masyarakat Pengolah Hasil Perikanan Indonesia (MPHPI) yang ke-13.

Dr. Ir. Hj. Agustina, MP, Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM yang menjadi tuan rumah pertemuan tersebut menjelaskan bahwa adanya konferensi ini di antaranya membahas rencana pengembangan industri perikanan di Kalimantan Selatan mengingat potensi yang dimiliki Kalsel dalam sektor perikanan.

Rektor ULM, Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc menyatakan bahwa dilaksanakannya konferensi internasional ini merupakan bentuk komitmen dari pemerintah pusat dan kepala daerah dalam pengembangan sektor perikanan sebagai upaya dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. “Bagamana pembudidayaan ikan gabus itu sudah kita lakukan dan berhasil. Ikan papuyu juga sudah berhasil kita kembangkan sebagai potensi lokal yang sangat penting, dan itu sudah kita sebarkan ke masyarakat,” ucap Rektor.

Rektor juga menjelaskan bahwa saat ini ULM sedang berupaya untuk mendorong masyarakat luas dan para pengusaha untuk bersama-sama memahami dan membangun ekonomi melalui pemanfaaatan hasil perikanan.