Rabu, 15 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Prof. Suwandi Sugandi Tutup Usia

Prof. Suwandi Sugandi Tutup Usia
Keluarga besar Universitas Padjadjaran beserta kerabat mendoakan almarhum Guru Besar Emeritus Fakultas Kedokteran Prof. Dr. Suwandi Sugandi, dr., Sp.B., Sp.U(K), yang wafat pada usia 78 tahun, Kamis (7/10/2021). (Foto: Dadan Triawan)*

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran kembali berduka. Guru Besar Emeritus Fakultas Kedokteran Prof. Dr. Suwandi Sugandi, dr., Sp.B., Sp.U(K), meninggal dunia pada usia 78 tahun, Kamis (7/10/2021) sekira pukul 05.50 WIB..

Prof. Suwandi Sugandi merupakan guru besar pada Program Studi Ilmu Bedah Urologi FK Unpad. Lahir di Bandung, 18 Februari 1943, almarhum menyelesaikan pendidikan dokter di FK Unpad pada 1969, kemudian dilanjutkan dengan lulus dari program Spesialis Bedah FK Unpad pada 1979 dan program Spesialis Urologi di Rijks Universiteit Groningen, Belanda, pada 1984.

Almarhum juga memperoleh gelar Doktor di FK Unpad pada 1996 dan memperoleh gelar Guru Besar pada 2003. Berdasarkan kepakaran dan pendidikannya, almarhum merupakan konsultan pada bidang urologi-onkologi.

Almarhum Prof. Suwandi Sugandi merupakan salah satu dari tokoh yang mengembangkan pendidikan spesialis urologi di FK Unpad pada 1994 silam. Kala itu, urologi masiih menjadi subbagian pada Pusat Pendidikan Dokter Bedah di FK Unpad.

Sementara pusat pendidikan urologi di Indonesia baru ada di Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga. Melalui serangkaian proses, pendidikan urologi mulai dibuka secara bertahap pada 1994. Kemudian, secara resmi prodi Spesialis Urologi FK Unpad mulai berdiri pada 2007.

Almarhum Prof. Suwandi Sugandi dikebumikan di Pemakaman Dalem, Kota Bandung, pada hari yang sama. Sebelum dikebumikan, almarhum mendapat penghormatan terakhir dari para pimpinan dan keluarga besar Unpad serta para kerabat di Masjid Al-Jihad Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung.*