Jumat, 10 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UTBK SBMPTN Gelombang II Unram Diikuti 5.932 Peserta

UTBK SBMPTN Gelombang II Unram Diikuti 5.932 Peserta

Mataram, Universitas Mataram – Sebagai salah satu Pusat UTBK PTN, Universitas Mataram (Unram) telah sukses melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) – jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) gelombang I yang dilaksanakan dari tanggal 17 – 23 Mei 2022 lalu dan diikuti oleh 6.913 peserta.

Pada gelombang II tes UTBK-SBMPTN di pusatkan di Kampus Utama Unram, dimana sebelumnya Unram menyediakann lokasi tes di Sumbawa, yaitu SMKN 1 Sumbawa Besar, SMKN 2 Sumbawa Besar, dan SMKN 3 Sumbawa Besar. Tercatat 5.932 orang peserta akan mengikuti ujian di gelombang II yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei – 2 Juni 2022.

Jumlah pendaftaran UTBK-SBMPTN di Unram tahun 2022 ini terdapat kenaikan. Wakil Rektor Bidang Akademik Unram, Agusdin, SE., MBA, DBA saat ditanya perihal UTBK-SBMPTN mengatakan bahwa terdapat kenaikan angka pendaftar calon mahasiswa Unram di jalur SBMPTN pada tahun ini.
“Di tahun 2021 terdapat 12.114 orang pendaftar, sementara di tahun 2022 naik menjadi 12.845 orang, jadi ada kenaikan 731 orang atau 6,03%.” tuturnya.

Koordinator Akademik Dwi Siswanto menjelaskan bahwa pelaksanaan ujian UTBK-SBMPTN sepenuhnya diatur oleh LTMPT. Ia juga menghimbau agar calon mahasiswa jeli membaca ketentuan yang terdapat pada kartu ujian peserta.
“Peserta harus ujian sesuai jadwal yang telah ditentukan di kartu ujiannya, sama seperti pelaksanaan tahun lalu juga demikian” paparnya.
Dwi juga menambahkan jika Unram telah menyiapkan sarana dan prasarana UTBK sesuai protokol kesehatan. “Sedangkan untuk syarat khusus seperti harus swab dan vaksin booster tidak ada.” Tambah Dwi.

Pada tahun ini kuota SBMPTN Unram sebanyak 50% atau sekitar 3.000 mahasiswa. Untuk informasi selengkapnya mengenai penerimaan mahasiswa baru Unram dapat di lihat pada laman https://pmb.unram.ac.id/