Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa KKN Tematik Unram Bersama Pokdarwis Desa Sekotong Tengah Inisiasi Lomba untuk Ramaikan Ekowisata Tanjung Batu

Mahasiswa KKN Tematik Unram Bersama Pokdarwis Desa Sekotong Tengah Inisiasi Lomba untuk Ramaikan Ekowisata Tanjung Batu

Mataram, Universitas Mataram – 2022 menjadi tahun yang berat bagi Kawasan Wisata Tanjung Batu, Sekotong Tengah. Kawasan ini telah dikembangkan sejak tahun 2004, namun belum menemukan langkah yang tepat untuk promosi wisata yang menjanjikan. Dengan fasilitas yang lengkap seperti lahan parkir, toilet, mushala, kantin, homestay, dan tracking yang panjang tidak membuat Kawasan Wisata Tanjung Batu, Desa Sekotong Tengah ramai pengunjung.

Pada akhir tahun 2022, LPPM Universitas Mataram melepas mahasiswa KKN tematik desa wisata di Desa Sekotong Tengah. Setelah melakukan survei lokasi dan observasi, Desa Sekotong Tengah memiliki potensi wisata, yaitu Kawasan Hutan Bakau Tanjung Batu itu sendiri. Salah satu program yang dikembangkan adalah promosi wisata. Hal ini tentu dilakukan karena melihat permasalahan utama Kawasan wisata ini adalah sepi pengunjung. Melaui penyelenggaraan acara sebagai media promosi diharapkan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kawasan Wisata Hutan Bakau Tanjung Batu, Desa Sekotong Tengah. Acara pertama yang diadakan pada 31 Desember 2022 yaitu lomba menggambar dan mewarnai yang bertajuk “2023 Berwarna”. Acara ini menyasar peserta didik yang sedang dalam masa liburan akhir semester. Hal ini dirasa mampu menarik wisatawan khususnya peserta didik untuk berlibur sambil belajar bersama keluarga. Dengan jumlah peserta 50 orang menjadikan kawasan ini ramai pengunjung. Peserta yang hadir melibatkan 5 PAUD dan TK di Kecamatan Sekotong dan 2 Sekolah Dasar di Desa Sekotong Tengah. Dalam acara ini berhasil menjual tiket sebanyak 165 tiket masuk sehingga menggenapkan pemasukan bulan Desember menjadi pemasukan terbanyak kawasan wisata ini sepanjang tahun 2022.

Tidak berhenti sampai di sana, KKN Tematik Universitas Mataram 2022/2023 bekerjasama dengan Pokdarwis Desa Sekotong Tengah mengadakan lomba karaoke lagu dangdut bertajuk “Mangrove Berkaraoke 2023” dengan target peserta yang lebih luas lagi, acara ini diperuntukkan bagi penggiat karaoke secara umum se-Kabupaten Lombok Barat. Sejak pendaftaran dibuka pada tanggal 3 Januari 2023 acara ini berhasil mendapatkan 70 pendaftar se-Kabupaten Lombok Barat dari berbagai kalangan usia. Hal ini tentunya menjadi pengingat untuk membenahi dan menjadikan Kawasan wisata lebih baik lagi. Sebelum acara ini berlangsung, banyak pembenahan yang dilakukan dan persiapan untuk menyambut seluruh peserta dan para pendukungnya.

Pada hari pertama audisi, mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram 2022/2023 dan Pokdarwis Desa Sekotong Tengah berhasil menjual 200 tiket dan 2 hari berikutnya pada tanggal 15 dan 16 Januari 2023, diadakan malam final dan malam anugerah yang berlangsung meriah di Kawasan Wisata Hutan Bakau Tanjung Batu Desa Sekotong Tengah. Dengan dihadiri berbagai lapisan masyarakat se-kecamatan sekotong, seluruh Kadus se-Kecamatan Sekotong, dan Pemerintah Desa Sekotong beserta jajaranya. Malam final berlangsung sangai ramai dengan penjualan tiket mencapai 600 tiket. Acara ini berhasil melahirkan talenta penyanyi dangdut baru yang akan di kontrak untuk mengisi acara hiburan di Kawasan Wisata Hutan Bakau Tanjung Desa Batu Sekotong Tengah.

“Acara ini mampu menjadi ajang silaturahim bagi warga se-Kecamatan Sekotong dan menjadi momentum yang baik untuk menggali potensi dan talenta masyarakat Sekotong,” tutur Hartawan Kepala Dusun Gili Gede Indah saat diwawancarai di atas panggung yang juga menjadi peserta “Mangrove Berkaraoke 2023”. Beliau juga menambahkan, “Harapan saya, semoga acara seperti ini bisa diselenggarakan secara terus menerus sebagai event tahunan dan ajang promosi kawasan wisata di Sekotong.”

Dengan adanya acara ini, diharapkan mampu menyadarkan masyarakat dan pemerintah desa akan potensi pariwisata Sekotong Tengah yang mampu bersaing dan layak dipromosikan di kancah nasional.