Sabtu, 18 Mei 2024
Perguruan Tinggi

ULM Loloskan 2 Tim di GEMASTIK 2021

ULM Loloskan 2 Tim di GEMASTIK 2021

2 (dua) tim mahasiswa delegasi Universitas Lambung Mangkurat berhasil lolos sebagai finalis dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) yang diselenggarakanm oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Berikut tim yang lolos menjadi peserta GEMASTIK Puspresnas tahun 2021:

  1. TIM 1

Nama Tim                  : Primitive Ray Tracing

Ketua                          : Ahmad Rusyadi

Anggota                      : 1. Muhammad Arif Billah

  1.   Muhammad Rizky Maulana

Dosen Pembimbing   : Ir. Muhammad Alkaff, S.Kom., M.Kom

Program Studi           : Teknologi Informasi Fakultas Teknik

Judul  Karya             : Oto’s Arithmetic Adventure (Divisi Kompetisi Pengembangan Aplikasi Permainan

  1. TIM 2

Nama Tim                  : 1611016110004

Ketua                          : M. Fadhli Ridhani

Anggota                      : 1. Muhammad Padhilah

  1.   Ahmad Juhdi

Dosen Pembimbing   : Irwan Budiman, S.T., M.Kom

Program Studi           : Ilmu Komputer Fak. MIPA

Judul  Karya             : Sobat Nikah (Divisi Kompetisi Pengembangan Perangkat Lunak)

GEMASTIK adalah program tahunan yang diadakan oleh Pusat Prestasi Mahasiswa di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. GEMASTIK diselenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia sehingga mampu mengambil peran dalam memajukan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan pemanfaatannya.

Tahun ini merupakan pelaksanaan GEMASTIK ke-14 dan merupakan GEMASTIK kedua yang diselenggarakan secara daring (online) sejak pandemi tahun 2020. Melalui GEMASTIK, mahasiswa akan diuji dengan berbagai studi kasus pada masing-masing cabang/divisi lomba  untuk menghasilkan solusi paling efisien dan efektif.

Terdapat 11 cabang/divisi lomba pada GEMASTIK XIV tahun 2021, di antaranya adalah divisi Pemrograman (Programming), divisi Keamanan Siber (Cyber Security), divisi Penambangan Data (Data Mining), divisi Desain Pengalaman Pengguna (UX Design), divisi Animasi (Animation), divisi Kota Cerdas (Smart City), divisi Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper), divisi Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development), divisi Piranti Cerdas, Sistem Benam dan IoT (Smart Device, Embedded System & IoT), divisi Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development), dan divisi Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development).

Selamat kepada para mahasiswa yang mengikuti kompetisi dan berhasil menjadi finalis. Semoga sukses, dapat menjadi kebanggaan dan inspirasi bagi mahasiswa ULM lainnya.