Jumat, 10 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Unram dan Polinema Teken MoU Bidang Tri Dharma

Unram dan Polinema Teken MoU Bidang Tri Dharma

Mataram, Universitas Mataram – Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. dan Direktur Politeknik Negeri Malang (Polinema) Supriatna Adhisuwignjo, S.T., M.T. sepakat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di Ruang Sidang Senat, Gedung Rektorat Universitas Mataram, Rabu (6/7).

Prof. Bambang menyambut baik kunjungan Direktur Polinema yang didampingi oleh Wakil Direktur IV Bidang Kerjasama, Ratih Indri Hapsari, ST., MT., Ph.D. Rektor Unram juga menyampaikan bahwa kunjungan dalam rangka kerjasama ini merupakan kesempatan yang berharga bagi Unram, terutama untuk mengimplementasikan bentuk kerjasama itu demi kemajuan masing-masing universitas.

“Kita membuat MoU yang tentunya ke depan kita tindaklanjuti dengan MoA dan juga actionnya. Karena kalau tidak ada tiga nilai tersebut maka tidak terhitung kerja samanya. Jadi MoU, MoA dan Action,” ujar Rektor Unram.

Rektor sekaligus Guru Besar Fakultas Pertanian Unram juga berharap melalui MoU yang disepakati, Unram dan Polinema tidak hanya menjadi wadah berbagi pengalaman dan sumber daya manusia (SDM), tetapi juga relasi-relasi yang dimiliki. Ia juga menyampaikan rencananya untuk mengumpulkan para dosen Unram yang memilik relasi baik di dalam maupun luar negeri. Hal ini ditujukan agar kerjasama Unram tidak hanya dilakukan oleh pimpinan tetapi juga oleh dosen dan segala unsur yang ada di perguruan tinggi Unram.

“Prinsipnya adalah kalau kita berkerja sama tentunya kita maju bersama. Sekiranya memang jika ada komunikasi pihak Politeknik Negeri Malang baik dalam maupun luar negeri, kita bisa sama-sama bermitra. Kita bisa share tidak hanya sumber daya manusia, tapi juga kita share relationnya. Jadi mungkin ini yang agak kurang diterapkan oleh banyak perguruan tinggi di Indonesia,” tutur Prof. Bambang.

Rektor Unram juga menambahkan bahwa kerjasama yang dilakukan adalah demi kemajuan bagi anak didik Unram dan Polinema, karena esensi dari kerjasama yang dilakukan ialah untuk meningkatkan kualitas mahasiswa.

Kunjungan Direktur Polinema, Supriatna Adhisuwignjo, S.T., M.T. tidak hanya untuk kerjasama melainkan juga untuk silaturahmi. Ia menuturkan bahwa Polinema membutuhkan bantuan dari Unram, sehingga kerjasama ke depannya dapat memberikan manfaat yang lebih besar.

“Jadi karena kita kebetulan di kementerian yang sama, visi misi kita sama, kita juga diberikan misi yang sama untuk kehidupan berbangsa. Maka tidak ada salahnya kalau kami tentunya berharap kampus-kampus yang sudah maju lebih dulu, yang sudah besar, bisa ikut membimbing kita kampus-kampus yang lebih kecil,” ucap Direktur Polinema.

Beberapa ruang lingkup Nota Kesepahaman yang ditandatangani, di antaranya berkaitan dengan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Peningkatan SDM, dan Tata Kelola.