Senin, 03 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

KONSER PADUAN SUARA MAHASISWA STKIP WIDYA YUWANA ANGKATAN ST. VICTOR: PESONA NUSANTARA

KONSER PADUAN SUARA MAHASISWA STKIP WIDYA YUWANA ANGKATAN ST. VICTOR: PESONA NUSANTARA
Penulis : Jihan Nenci Meilinda (Mahasiswa Semester 2); Tanggal 12 Juli 2022

7 Juli 2022 mahasiswa STKIP Widya Yuwana angkatan Santo Victor menyelenggarakan sebuah konser paduan suara dengan tema yang bertajuk “Pesona Nusantara.” Konser ini merupakan konser paduan suara pertama yang dilaksanakan setelah pandemi Covid-19 mereda. Konser paduan suara ini menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk mengaplikasikan segala teknik yang telah dipelajari dalam mata kuliah musik liturgi di bawah bimbingan Bapak Antonius Eresto Gaudiawan., M. Hum, selaku dosen pengampu Mata Kuliah Musik Liturgi, sekaligus sebagai wadah untuk mengembangkan berbagai soft skill seperti berorganisasi, berkolaborasi, berkomunikasi, bersosialisasi, berkoordinasi dan berkreasi.

“Pesona Nusantara” dipilih menjadi tema utama sebab mahasiswa STKIP Widya Yuwana angkatan Santo Victor sendiri menyadari bahwa mereka berasal dari berbagai daerah dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Baik latar belakang suku, ras, budaya dan juga karakter. Namun siapa sangka, justru berbagai perbedaan inilah yang menjadi pesona tersendiri bagi mahasiswa STKIP Widya Yuwana khususnya angkatan Santo Victor. Dengan demikian diangkatlah sub tema “Kita Katolik, Kita Indonesia, Kita Bhinneka Tunggal Ika” untuk menjadi pengingat bahwa mahasiswa STKIP Widya Yuwana khususnya angkatan Santo Victor senantiasa memiliki identitas yang melekat di dalam dirinya, yaitu sebagai warga Gereja sekaligus sebagai bagian dari Warga Negara Indonesia, yang sekalipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Proses persiapan penyelenggaraan konser paduan suara ini tidaklah mudah. Terlebih bagi mahasiswa angkatan Santo Victor yang sebagian besar mahasiswanya belum memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan konser paduan suara. Tidak jarang para mahasiswa mengalami berbagai hambatan dan juga kendala. Namun berkat campur tangan Allah, kerja sama internal sekaligus bantuan dari berbagai pihak, akhirnya konser paduan suara ini dapat berjalan dengan baik.

Di dalam konser ini, kelompok paduan suara dari angkatan Santo Victor menyanyikan sepuluh lagu yang terdiri dari tiga lagu nasional, empat lagu daerah dan tiga lagu rohani Katolik. Kemudian acara ini juga diselingi oleh penampilan musik tunggal dari Sdri. Sukma dan tarian daerah dari perwakilan mahasiswa STKIP Widya Yuwana angkatan Santo Fransiskus Asisi.

Konser paduan suara ini dihadiri secara langsung oleh 90 penonton, dengan viewers mencapai ribuan setelah ditayangkan secara live streaming melalui platform YouTube dalam channel STKIP Widya Yuwana Madiun.

Konser paduan suara ini memperoleh banyak apresiasi dan respon positif dari berbagai pihak, khususnya para penonton. Menurut tanggapan penonton, konser paduan suara ini berjalan dengan sukses dan memuaskan. Dengan demikian, besar harapan supaya kegiatan konser paduan suara seperti ini akan kembali diselenggarakan di waktu yang akan datang.