Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Selamat Hari Guru

Selamat Hari Guru

Ditulis oleh Ummu Naya

Bismillaah..

Selamat hari guru!! Semua mengirim pesan teks di whatsapp grup atas sebuah penghormatan kepada tenaga pengajar yang sudah “berjuang” karena Allah ta’ala. Terpikir, saat kondisi sekarang para pejuang pendidikan khususnya guru mengedepankan fasilitas untuk anak didiknya dan bersapa di dunia maya. Bayangkan, entah mereka pulang dari sekolah jam berapa sampai rumahnya. Karena terkadang merumuskan materi atau bahkn soal untuk sebuah quiz dengan beberapa aplikasi yang harus mereka “uji coba” kelancarannya. Belum lagi dengan terkendala sinyal, perangkat yang belum memadai atau bahkan memikirkan keadaan anak didik mereka yang tidak memiliki ponsel pintar dengan RAM yang mencukupi untuk membuka sebuah aplikasi. Mungkin, hal itu adalah hal yang melelahkan bagi mereka para pejuang pendidik, namun ternyata mereka melakukannya dengan ikhlas karena Allah ta’ala.

Mengajar adalah bagian penting dari proses pendidikan. Saking pentingnya mengajar (menyebarkan ilmu), Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang ditanya tentang suatu ilmu pengetahuan lalu ia menyembunyikannya, maka pada hari kiamat kelak Allah SWT akan mengekangnya dengan kekang api neraka.” (HR Abu Dawud dan Imam Tirmidzi).

MaasyaAllah tabarakallah. Dari hadits di atas pun sangatlah jelas. Para pengajar ilmu akan Allah azza wa jala lindungi atasnya daei hal yang buruk di akhirat. Maka kita sebagai “pengenyam” pendidikan atau sebagai murid yang mendapatkan pengajaran dari guru harus lebih serius lagi dalam menuntut ilmu. Terlebih lagi ilmu agama yang merupakan ilmu terbaik yang akan di bawanya hingga akhirat. Sebagaimana ada dalam sebuah hadits yang menyatakan;

Rasulullah SAW bersabda: “Sungguh Allah, para Malaikat-Nya, serta semua penghuni langit dan bumi termasuk semut dalam lubangnya dan ikan-ikan, sungguh semuanya mendoakan kebaikan bagi orang-orang yang mengajari manusia.” (HR Tirmidzi). Masya Allah. Wallahu a’lam bishawab.

Maka, selamat Hari Guru Nasional kepada semua tenaga pengajar kebaikan. Semoga di setiap tetes keringat, suara yang terdengar dan langkah yang kalian tempuh di jalan Allah, akan menjadi saksi dan “tiket” emas untuk masuk ke Jannah-Nya. Allohumma Aamiin