Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Meningkatkan kualitas Akhlak dan Ibadah dalam Momentum Isra Miraj 1445 H

Meningkatkan kualitas Akhlak dan Ibadah dalam Momentum Isra Miraj 1445 H

Bulan Rajab adalah bulan yang sangat penting bagi umat Islam karena di bulan tersebut awal mula perintah salat diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Peristiwa tersebut dinakaman dengan Isra Miraj. Salah satu bentuk peringatan peristiwa Isra Miraj, SMA Negeri 1 Pare mengadakan acara pengajian bersama di GOR sekolah (7-2-2024).

Siswa-siswi SMA Negeri 1 Pare memakai busana muslim dengan rapi dan santun. Pukul 07.00 s.d. 09.00 anak-anak melakukan pembelajaran di kelas bersama bapak/ibu guru sesuai jadwal hari itu. Kemudian pukul 09.00 WIB acara pengajian dimulai, semua siswa dan guru berkumpul di GOR sekolah untuk mengikuti acara. Acara dibuka dengan hiburan dari group banjari SMA Negeri 1 Pare.

Pukul 10.30 acara dibuka dengan sambutan ketua panitia, Shofa Quratul ‘Ayun dan sambutan dari Kepala SMA Negeri 1 Pare, Bapak Tajuddin Subekti, M.Si.. Pembukaan acara berlangsung meriah, tepuk tangan semua siswa setelah sambutan bapak kepala sekolah membuat GOR SMA Negeri 1 Pare menjadi ramai. Semoga acara ini membawa keberkahan untuk kita semua, aamiin.

Pengajian dimulai, tausiah diisi oleh Ustaz Ahmad Muzakki, M.Pd.. Beliau adalah dosen aktif Institut Agama Islam Faqih Asy’ari Sumbersari, Kabupaten Kediri. Tausiah yang disampaikan berisi tentang hal-hal kontekstual dengan kondisi siswa dan zaman sekarang.

Hal yang paling ditekankan dalam tausiah tersebut adalah akhlaq siswa kepada guru atau orang tua di rumah. Beliau bepesan bahwa menjadi siswa yang sukses itu harus mendapatkan keberkahan ilmu dan rida guru atau orang tua karena rida guru atau orang tua tentu akan mendapatkan rida dari Allah SWT. Di tengah-tengah tausiah berlangsung, Ustaz Muzakki mengadakan tanya jawab kepada siswa dan memberikan hadiah berupa uang rp50.000 kepada siswa yang bisa menjawab dengan benar. Sepanjang tausiah, siswa dan guru menikmati isi dengan tawa karena isi yang disampaikan mengandung anekdot. Acara selesai pukul 11.00 diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Bapak M. Hilal. Alhamdulillah, acara Isra Miraj berjalan dengan aman dan lancar.