Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Serahkan SK CPNS, Rektor Unram Tegaskan Profesi Dosen Sebagai Pengabdian Mulia

Serahkan SK CPNS, Rektor Unram Tegaskan Profesi Dosen Sebagai Pengabdian Mulia

Mataram, Universitas Mataram – Rektor Universitas Mataram (Unram), Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. kembali menyerahkan Surat Keputusan Calon Pegawai Negeri Sipil (SK CPNS) Formasi Tahun 2021 kepada 12 orang CPNS di Ruang Sidang Utama, Rektorat Unram pada Jumat, 22 Juli 2022.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. Kurniawan, S.H., M.Hum., dan Kepala Biro Umum dan Keuangan H. Aman., S.P., M.M.

Dalam sambutan sekaligus pengarahan yang diberikan Rektor Unram, ia mengungkapkan dengan dimulainya peran sebagai dosen di Unram, para CPNS harus menjaga semangat kerja dan semangat muda untuk terus berkarya. Sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, mereka ditekankan tentang bagaimana cara untuk mengabdi kepada bangsa dan negara ini.

Prof. Bambang kembali menyampaikan beberapa pesan kepada para CPNS yang sudah menerima SK. Pertama, menjadi dosen adalah pengabdian yang mulia karena ada hal yang sudah digenggam yakni amal jariyah dari ilmu yang diamalkan. Kedua, yakni selalu memposisikan diri sebagaimana mestinya, tidak terlalu tinggi meninggikan diri dan juga tidak terlalu merendahkan diri. Ketiga, menjadi dosen bukan berarti berhenti untuk melakukan proses pembelajaran, melainkan terus belajar sepanjang hidup. Ia juga menyebutkan kebijakan untuk mendorong para CPNS melanjutkan kuliah diluar negeri melalui kursus Bahasa Inggris.

“Kita akan berikan orientasi kemudian materi tentang disiplin, dan hal lainnya. Bahwa kalian adalah tulang punggung bagi generasi yang akan meneruskan bagaimana Unram ini ke depan. Terus terang saja bahwa sebagian dari kami akan pensiun. Maka beban tanggung jawab dan tulang punggung itu akan ada di pundak kalian semua. Unram membutuhkan tenaga-tenaga muda, kekuatan muda. Seperti yang dikatakan Bung Karno, berikan aku 10 orang pemuda akan ku goncangan dunia. Kami ingin membentuk saudara-saudara supaya menjadi disiplin, memiliki etos kerja yang tinggi, mampu bekerjasama, dan mampu menunjukkan leadership, serta mampu beradaptasi dan bersosialisasi,” tegas Rektor Unram.

Guru Besar Fakultas Pertanian Unram itu berharap agar para CPNS diusia mereka yang masih muda untuk bermimpi setinggi mungkin. Ia memotivasi mereka agar memiliki mimpi menjadi Guru Besar, sehingga ilmu yang mereka dapatkan bisa bermanfaat untuk pengabdian kepada Unram dan bangsa Indonesia.