Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Bentuk Penanaman Jiwa Pratiot dengan Gerak Jalan

Bentuk Penanaman Jiwa Pratiot dengan Gerak Jalan

Selasa, 2 Agustus 2022.
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke-77, panitia kegiatan Kecamatan Umbulsari mengadakan serangkaian acara, salah satunya yaitu gerak jalan tingkat SD/MI Sederajat, SMP/MTs Sederajat, dan SMA/SMK/MA sederajat. Berbagai sekolah yang ada di Kecamatan Umbulsari turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kegiatan gerak jalan dilaksanakan dengan rute jalan dimulai dari Lapangan Desa Paleran dan berakhir di Kantor Kecamatan Umbulsari yang diperkirakan jaraknya sejauh 7 km untuk tingkat SMP/MTs, SMA/SMK/MA. Sedangkan untuk rute jalan tingkat SD/MI dimulai dari SDN Gunungsari 1 sampai dengan KUA Umbulsari.

MTs Negeri 7 Jember sebagai salah satu instansi yang berpartisipasi dalam kegiatan ini memulai agenda persiapan dengan rapat yang dilaksanakan pukul 07.30 WIB di kelas 9H MTs Negeri 7 Jember. Rapat persiapan ini dihadiri oleh Panitia Hari Kemerdekaan RI ke-77, guru dan karyawan MTs Negeri 7 Jember. Dalam rapat disampaikan beberapa hal terkait dengan pelaksanaan persiapan gerak jalan yang meliputi pembagian pos jaga, pembagian konsumsi dan penjelasan rute gerak jalan. Kepala MTs Negeri 7 Jember, Bapak Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd., berharap bapak dan ibu guru dapat berperan aktif dalam mensukseskan kegiatan gerak jalan kali ini.

Pada pukul 12.30, seluruh panitia, bapak/ibu guru, staff dan siswa-siswi MTs Negeri 7 Jember menuju ke Lapangan Desa Paleran. Kegiatan gerak jalan diawali dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan di Lapangan Desa Paleran. Seluruh regu dikumpulkan untuk mengikuti upacara pembukaaan yang didampingi oleh bapak/ibu guru pendamping dari masing-masing sekolah. Setelah upacara pembukaan selesai, satu persatu regu mulai diberangkatkan oleh panitia keberangkatan. Kepala MTs Negeri 7 Jember juga ikut memberangkatkan peserta dari rute awal. MTs Negeri 7 Jember mendaftarkan 47 regu gerak jalan dengan setiap regu sebanyak 11 siswa. Pada kegiatan ini beberapa guru berada di pos yang telah ditentukan untuk meminimalisir adanya siswa yang kelelahan dan sakit di tengah jalan.

Siswa-siswi terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan lomba gerak jalan dilihat dari semangat mereka melakukan gerak jalan hingga finish. Beberapa diantaranya juga sangat solid ditunjukkan dengan salah satu siswa yang sepatunya rusak sehingga harus dilepas, siswa yang satu regu dengannya rela melepas salah satu sepatunya untuk diberikan kepada siswa tersebut. Hal ini menunjukkan sifat patriotisme dan kesolidan siswa terhadap sesama. Warga sekitar Umbulsari terlihat memadati tepi jalan rute yang dilewati siswa, warga terlihat antusias untuk menyaksikan kegiatan gerak jalan.

Kemudian kegiatan diakhiri dengan kegiatan penutupan. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan sikap patriotisme bagi siswa-siswi MTs Negeri 7 Jember.

@olik