Minggu, 05 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

ANBK SMK NEGERI 1 KEBONSARI

Assalamualaikum wr.wb.

Pada hari senin dan selasa bulan agustus ini,SMKN Sake telah melaksanakan suatu rangkaian kegiatan yaitu Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANKB).Dan alhamdulillah kegiatan selama 2 hari tersebut berjalan dengan lancar dan kondusif.

ANBK merupakan pengganti ujian nasional yang biasa sudah dilakukan selama ini kepada siswa.Berbeda dengan UN,ANBK merupakan suatu ujian kompetensi sekaligus peningkatan suatu sekolah.Apakah dimaksud dengan ANBK itu sendiri ? ANBK merupakan suatu input,proses dan output pembelajaran melalui serangkaian tahapan,dengan demikian, hasil Asesmen Nasional diharapkan menjadi evaluasi perbaikan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah yang menyelenggarakannya.ANBK itu sendiri. dilaksanakan mulai dari jenjang SD,SMP dan SMA/SMK.Dalam pelaksanaannya ANBK diambil dari beberapa sample siswa yang dipilih secara acak dalam satu sekolahan.

Sedangkan tujuan Asesmen Nasional adalah suatu untuk peningkatan hasil belajar siswa di masa mendatang, bukan pemeringkatan sekolah sebagaimana ujian nasional sebelumnya.Tiga poin yang dievaluasi dalam Asesmen Nasional adalah input, proses dan hasil pembelajaran. Selanjutnya, mutu hasil belajar yang dinilai Asesmen Nasional yaitu literasi (kemampuan membaca), numerasi (kemampuan berhitung),karakter siswa, kualitas proses belajar-mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Untuk dapat memperoleh informasi mengenai hal-hal tersebut di atas,Asesmen Nasional menggali datanya dengan tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter (SK), dan Survei Lingkungan Belajar.