Kamis, 29 September 2022
Perguruan Tinggi

Filosofi Logo P2K FKM UAD

Filosofi Logo P2K FKM UAD

Logo Program Pengenalan Kampus (P2K) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Gambar: Istimewa)

Program Pengenalan Kampus (P2K) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tahun 2022 diselenggarakan pada 12‒18 September 2022. Kegiatan ini merupakan sarana bagi Dahlan Muda untuk lebih mengenal kehidupan kampus dan berbagai seluk-beluknya. Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) sebagai salah satu fakultas yang ada di UAD juga turut berpartisipasi dalam gelaran ini. Panitia P2K FKM secara resmi merilis logo P2K FKM UAD pada 21 Agustus 2022 melalui akun Instagram @p2kfkmuad.

Untuk merepresentasikan visi dan misinya dalam P2K 2022, FKM memiliki logo yang di dalamnya terkandung makna filosofis. Pertama, palang kesehatan atau health cross sebagai simbol kesehatan dan bentuk memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) guna mencegah dan melindungi derajat kesehatan manusia. Kedua, manusia melambangkan makhluk sosial yang dapat menghargai juga memahami sesama, serta dapat menciptakan SDM yang bertanggung jawab dan berkualitas dengan pola pikir yang inovatif maupun kreatif dalam mengembangkan sains dan teknologi di bidang kesehatan. Ketiga, daun semanggi melambangkan cinta kasih tanpa batas dan memancarkan kesejukan yang menghidupkan lingkungan sekitarnya.

Kemudian terdapat juga warna ungu dalam logo P2K FKM UAD yang melambangkan spiritualitas serta mendorong kreativitas dan imajinasi dalam meningkatkan perkembangan teknologi maupun komunikasi di bidang kesehatan masyarakat.

Terakhir, warna oranye bermakna kehangatan, keceriaan, serta optimisme untuk berkolaborasi bersama masyarakat mengembangkan ekologi khususnya di lingkungan healthy city. (frd)

uad.ac.id