Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Tim Abdimas PPUD UNJA Adakan Sosialisasi Program ‘Investasi Syariah Qurban Murah’

Tim Abdimas PPUD UNJA Adakan Sosialisasi Program ‘Investasi Syariah Qurban Murah’

JAMBI,- Tim Abdimas Program Pengembangan Produk Unggulan Perdesaan (PPUD) merangkul Badan Pengelola Usaha (BPU) Universitas Jambi (UNJA) dan Unit Bisnis dan Kewirausahaan (UBK) Fakultas Peternakan UNJA yang sudah sepakat dan tertarik untuk menjadi bagian implementasi program ISQM dengan berperan masing-masing sebagai lembaga intermediasi (vendor) untuk BPU dan peternak mitra pemelihara sapi qurban UBK. Secara umum BPU berperan sebagai lembaga pengumpul dana Investasi Syariah Qurban Murah (ISQM) dan UBK Fapet UNJA berperan sebagi mitra BPU yang akan melakukan proses penggemukan ternak sapi bakalan yang dipasok BPU dari sumber pendanaan investor partisipan ISQM.

Kegiatan sosialisasi merupakan upaya memperkenalkan produk jasa ISQM kepada kelompok masyarakat sasaran potensial yang dilakukan melalui pertemuan dan diskusi secara langsung pada tanggal 24 September 2022, bertempat di Aula Lt IV Gedung Pascasarjana Kampus UNJA Telanaipura, Kota Jambi.

Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 80an peserta berasal dari kelompok calon investor potensial yaitu panitia dan peserta qurban sapi potong baik lingkungan tempat tinggal maupun instnasi pemerintah dan swasta, para pengurus kelompok peternak sapi potong mitra pemelihara dan masyarakat umum yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang program ISQM.

Pelaksanaan sosialisasi di samping sebagai media pemasaran dan promosi produk jasa ISQM, juga merupakan ajang pertemuan bisnis (business matching) antara berbagai kelompok masyarakat dalam program ISQM, yaitu investor ISQM, lembaga perantara (vendor jasa ISQM), dan kelompok pelaku usaha peternakan sapi potong.

Narasumber dalam kegiatan terdiri dari Dr. Ir. Ardi Novra, M.P., sebagai ketua pelaksana PPUD dan Drs. Agus Syarif, M.B.S., sebagai kepala BPU Universitas Jambi.

Kegiatan sosialisasi diikuti calon mitra BPU yang mengambil peran sebagai lembaga perantara yaitu kelompok peternak dan calon investor program ISQM potensial antara lain panitia dan peserta qurban, pengurus mesjid dan ketua RT serta beberapa dosen yang tertarik dengan program ini. Pada sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh Ir. Fatati, MS selaku moderator timbul beberapa pertanyaan dari calon investor (partisipan) terutama terkait dengan mekanisme program ISQM yang ditawarkan.

Kegiatan rutin selain 3 kegiatan prioritas di atas adalah promosi dan pemasaran produk jasa ISQM melalui penyebaran brosur dan memanfaatkan media sosial tetap dilakukan, sedangkan untuk persiapan penerimaan dana investasi sudah disusun draft Perjanjian Kerjasama antara BPU UNJA dengan peternak mitra serta form isian registrasi dan perjanjian kerjasama antara BPU UNJA dengan calon investor yang akan dimulai pada bulan Desember 2022 untuk pelaksanaan ibadah qurban Juni 2023.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS