Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Kunjungan PT Suri Tani Pemuka ke SMK Negeri 2 Kalianda

Kunjungan PT Suri Tani Pemuka ke SMK Negeri 2 Kalianda

Kunjungan PT Suri Tani Pemuka ke SMK Negeri 2 Kalianda


Rabu, 5/8/2022 – SMK Negeri 2 Kalianda mendapat kunjungan dari PT Suri Tani Pemuka (STP) pada Rabu, 05 Oktober 2022.

Kunjungan ini bukan kali pertama bagi PT STP ke SMK Negeri 2 Kalianda. Sebelumnya, pihak perusahaan sudah pernah mengunjungi SMKN 2 Kalianda dalam rangka kerjasama.

Adapun untuk kunjungan kali ini adalah bertujuan untuk melakukan kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama antara SMKN 2 Kalianda dengan PT Suri Tani Pemuka pada Program Implementasi Link and Match SMK dengan DUDIKA

Sebagai Informasi, PT. Suri Tani Pemuka merupakan anak perusahaan dari PT Japfa Comfeed Indonesia yang bergerak di bidang industri budidaya pembenihan, pembesaran ikan dan udang berikut produksi pakannya.

Dalam pertemuan ini, pihak sekolah dan perusahaan bersama-sama berdiskusi tentang rencana kerjasama kedepan.

Pihak sekolah yang diwakili oleh Bapak Nyoman Mister, M.Pd selaku Kepala Sekolah mengatakan bahwa sekolah perlu melakukan sinkronisasi dengan dunia industri agar tidak tertinggal dengan teknologi yang dunia Industri gunakan.

Pihak sekolah juga berharap kerjasama ini dapat terus berjalan di antara kedua belah pihak.

Menanggapi hal tersebut, Bapak Erwin Esra Edison Siahaan selaku Head of People Development dari PT. Suri Tani Pemuka mengatakan :

“Tentu kami ingin bekerjasama dengan pihak sekolah yang sifatnya bukan hanya satu atau dua hari. Dan kerjasama itu bukan hanya sebatas rekrutmen dan magang saja. 

Jadi kami di STP itu tidak hanya mengajarkan bagaimana siswa itu makan, tapi juga mengajarkan bagaimana cara agar mereka bisa mendapat makanan. 

Maksudnya, kami tidak hanya akan mengajarkan tentang bagaimana menjadi karyawan, tapi juga bagaimana cara berwirausaha”

Beliau juga menyampaikan pendapat beliau tentang SDM yang lebih diperlukan daripada teknologi :

“Menurut saya, untuk bisa maju itu tidak perlu menuntut teknologi yang ‘wah’. Kunci perusahaan itu ada di SDM. Jadi, perusahaan itu akan mencari SDM yang tekun, tidak hanya 1 atau 3 bulan kemudian resign. Lulusan yang tidak kuat bertahan tidak akan kami gunakan. Karena ini hanya akan menghambat laju perusahaan saja.”

Setelah Maka selanjutnya adalah penandatangan kerjasama yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Kepala SMKN 2 Kalianda, Bapak Nyoman Mister,M.Pd dan Pimpinan Head of people development dari kantor pusat PT. Suri Tani Pemuka Bapak Erwin Ersa Edison.
Adapun ruang lingkup kerja sama dalam Kegiatan ini, yaitu :
1. Penyelarasan kurikulum berbasis industri;
2. Penelitian;
3. Praktek Kerja Lapangan/magang siswa/guru;
4. Rekrutmen Alumni;
5. Kunjungan Industri;
6. Silver Expert; dan
7. Hibah Peralatan Praktikum.

Di akhir kunjungan, PT. STP dan pihak sekolah turut mengunjungi dan memberikan arahan teknis untuk kolam yang akan digunakan kegiatan budidaya.

Setelah melihat area kolam, PT. STP dan pihak sekolah juga mengunjungi perpustakaan untuk melihat literasi apa yang  siswa gunakan dalam teorinya.

Di akhir kunjungan, pihak perusahaan menyerahkan goodie bag kenang-kenangan bagi SMKN 2 Kalianda. Pihak sekolah berharap, dengan adanya kerjasama ini dapat memberikan perubahan yang besar bagi sekolah.