Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Ajarkan Demokrasi, SMKN 2 Kalianda Gelar PEMILU OSIS 2022 – 2023

Ajarkan Demokrasi, SMKN 2 Kalianda Gelar PEMILU OSIS 2022 – 2023

Ajarkan Demokrasi, SMKN 2 Kalianda Gelar PEMILU OSIS 2022 – 2023

Jum’at, 07/10/2022 – SMK Negeri 2 Kalianda telah menggelar pesta demokrasi Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS masa jabatan 2022 – 2023 pada hari Jum’at, 7 Oktober 2022 di aula SMKN 2 Kalianda.

Acara ini melibatkan seluruh elemen sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dewan guru, staff tata usaha, serta seluruh siswa dan siswi SMKN 2 Kalianda untuk memberikan suaranya.

Terdapat tiga pasangan calon (paslon) ketua dan wakil ketua OSIS yang mencalonkan diri pada pemilihan kali ini, mereka adalah: Khoirul dan Angga paslon no. 1 ; Aji dan Septi paslon no.2 ; serta Imam dan Dicky paslon no. 3

Acara ini diawali dengan sambutan dari Bapak Nyoman Mister, M.Pd selaku Kepala Sekolah. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada pengurus OSIS yang lama serta berharap agar OSIS dapat menjadi teladan bagi siswa yang lainnya.

Nanti OSIS yang terpilih, terutama ketua dan wakil ketuanya harus bisa menjadi contoh bagi teman-temannya. Terutama masalah kerapihan dan cara berpakaian”

Beliau juga melanjutkan “Harapan saya, siapapun nanti yang terpilih bisa menjalankan program-program yang ada di sekolah. Jadi jangan hanya meriah ketika pemilihan saja tapi tidak punya program untuk sekolah”

Acara kemudian dilanjutkan dengan pencoblosan paslon pilihan melalui bilik suara secara rahasia, kemudian dimasukkan ke dalam kotak suara layaknya Pemilihan Politik. Tak hanya itu, para peserta yang telah mencoblos juga diberi tinta biru sebagai tanda telah memberikan suaranya

Berdasarkan informasi dari Ibu Dian Sherlyta, S.Si selaku Pembina OSIS bahwa kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS kali ini sengaja dibuat seperti PEMILU pada umumnya. Hal ini bertujuan untuk melatih para siswa menghadapi pemilihan umum perdana mereka di tahun 2024 kelak.

Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk mengurangi angka golput di kalangan pelajar yang notabene-nya mereka adalah pemilih baru.

Acara berlangsung secara tertib dan meriah. Para peserta sangat antusias mengikuti acara ini.

Kedepannya, pihak sekolah juga akan menyelenggarakan acara-acara lain yang sifatnya inovatif dan mendidik bagi para siswa.