Selasa, 30 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

MTSN 4 ACEH BARAT DAYA PERINGATI HARI MAULID NABI MUHAMMAD SAW TAHUN 1444 H

MTSN 4 ACEH BARAT DAYA PERINGATI HARI MAULID NABI MUHAMMAD SAW TAHUN 1444 H

Blangpidie – MTsN 4 Aceh Barat Daya baru saja selesai melaksanakan kegiatan Peringatan Hari Besar Islam yaitu perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1444 H pada Sabtu, 15 Oktober 2022 yang diselenggarakan di lingkungan sekolah.

Acara perayaan ini mengusung tema “Melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1444 H/2022 M, Kita Tingkatkan Perbaikan Diri dan Semangat Kepedulian Terhadap Sesama di Era Modern”. Tema ini sejalan dengan dinamika kehidupan zaman modern sekarang ini yang cenderung individualis dan mudah terpengaruh dengan efek negatif arus global yang serba cepat.

Kegiatan perayaan ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Maulana Yusra Al-Hafidh, salah satu siswa kelas VIII di MTsN 4 Aceh Barat Daya. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian laporan kegiatan oleh Ketua Panitia, Ucha Nadia Fitriyani, S.Si.

Kepala MTsN 4 Aceh Barat Daya juga menyampaikan harapan dan tujuan penyelenggaraan kegiatan ini dalam sambutannya.

“Dengan diadakannya acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, saya berharap bagi kalian semua para siswa dan siswi MTsN 4 Aceh Barat Daya yang kita cintai ini, semoga bisa menjadi muhasabah dan penguatan karakter religius bagi kita semua,” ucapnya.

Puncak acara kegiatan ini diisi dengan ceramah Maulid dari Ustadz Tanzilul Authar, M.Pd. Beliau menceritakan tentang masa kelahiran Rasulullah SAW dan bagaimana Rasul menjalani kehidupan masa kecilnya. Para siswa-siswi MTsN 4 Aceh Barat Daya begitu antusias mendengarkan ceramah Maulid yang disampaikan oleh Ustadz Tanzilul Authar dengan cara yang seru dan menyenangkan.

Beberapa hari sebelum hari puncak perayaan, MTsN 4 Aceh Barat Daya juga mengadakan beberapa perlombaan keagamaan yang dapat diikuti oleh para peserta didik yaitu Lomba Tilawah, Lomba Tahfidz Quran, Lomba Senandung Asmaul Husna, Lomba Hafalan Shalat Jenazah, Lomba Hafalan Shalat Fardhu beserta artinya, Lomba Lagu Religi, serta Lomba Cerdas Cermat. Kegiatan perlombaan keagamaan ini diselenggarakan sebagai upaya menjaga semangat pembentukan karakter religius dalam diri siswa-siswi MTsN 4 Aceh Barat Daya.

Kegiatan ini juga diisi dengan beberapa penampilan hiburan dari siswa-siswi MTsN 4 Aceh Barat Daya dan pengumuman pemenang lomba keagamaan yang telah dilaksanakan sebelumnya. Kemudian diakhiri dengan acara makan bersama dengan para tamu undangan dan anak yatim piatu. (Vera)