Jumat, 09 Desember 2022
Perguruan Tinggi

Tim Sciesy UAD Borong 4 Penghargaan di Ajang Internasional

Tim Sciesy UAD Borong 4 Penghargaan di Ajang Internasional

Tim Sciesy Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada Ajang Indonesia Inventors Day 2022 (Foto: Istimewa)

Tim Sciesy Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali memborong penghargaan di ajang internasional. Muthafizhah Dzikriyatul Fajri, Azra Syafiya, dan Rofifah Zaki Hanifah berhasil membawa pulang medali emas kategori WINTEX, Grand Prize, Special Award, dan Incubator from BRIN pada ajang Indonesia Inventors Day 2022. Tim itu dibimbing oleh Bagus Hariyadi, S.Si., M.T.

Kompetisi bergengsi tersebut merupakan platform internasional bagi peneliti lokal maupun internasional. Tujuannya untuk menghadirkan penemuan dan inovasi mereka ke level internasional, yang diikuti oleh ratusan tim dari berbagai negara. Acara berlangsung secara luring di Universitas Udayana, Bali, pada 29–31 Oktober 2022.

Tim UAD mengusung Inovasi “Science Card Game for assisting children aged 9–12 years old with augmented reality”.

“Pada dasarnya, Sciesy merupakan kartu pendidikan untuk anak-anak usia 9–12 tahun yang berisi tentang fakta-fakta menarik dan unik dari sains. Materi-materi yang terdapat di dalamnya pun sudah kami koreksi dari beberapa jurnal,” papar Muthafizhah saat diwawancarai.

Ia mengaku inovasinya yaitu terletak pada aplikasi yang menggabungkan 3 dimensi atau menggunakan augmented reality. “Aplikasi kami berbentuk scan atau pindai dan audio. Jadi kartu kami itu ada gambar dan materi. Nah, kemudian gambar tersebut dapat dipindai dengan aplikasi kami namanya My Sciesy, nanti audionya muncul.”

Mutha menjelaskan audio tersebut berfungsi untuk memberikan penjelasan lebih lanjut terkait materi yang ada di dalam kartu. Ia juga mengungkapkan bahwa Sciesy dimainkan mirip dengan Uno, hanya saja sisi edukasinya lebih ditonjolkan supaya anak-anak tidak bosan belajar sains. Guru-guru pun akhirnya mempunyai media pembelajaran baru untuk bisa mengajarkan sains.

“Harapannya, tim ini terus solid dan Sciesy bisa dikenal lebih luas lagi, bisa mengembangkan aplikasi sampai ke dalam AppStore, bisa bekerja sama dengan perusahaan riset lainnya, serta bisa mengeluarkan seri-seri yang lain,” imbuhnya. (eka)

uad.ac.id