Selasa, 29 November 2022
Perguruan Tinggi

Lipbalm dari Getah Jernang Inovasi Dosen UNJA, Buat Bibir jadi Lembut, Lembab dan Merah Alami

Lipbalm dari Getah Jernang Inovasi Dosen UNJA, Buat Bibir jadi Lembut, Lembab dan Merah Alami

JAMBI,- Laristia Lipbalm hasil penelitian dosen Universitas Jambi (UNJA) Uce Lestari, S.Farm., M.Farm. Apt., merupakan pelembab bibir yang berasal dari Resin Jernang atau Dragon Blood. Resin Jernang merupakan getah dari buah jernang yg mahal harganya di dunia. Jernang banyak tumbuh di Pulau Sumatra dan Kalimantan, khususnya di Provinsi Jambi yang berada di Kabupaten Sarolangun, tepatnya di Desa Sepintun. 

Resin Jernang ini banyak disukai oleh negara-negara seperti Cina, Hongkong, Singapura, dan Korea dalam pemanfaatan pengobatan tradisional atau pun bahan dasar kosmetik. Resin jernang memiliki kadar dracorhodin yang sangat tinggi yang memiliki khasiat salah satu nya sebagai antibakteri. 

“Warna merah alami yg dihasilkan dari getah buah jernang inilah yang membuat saya, tertarik untuk berinovasi membuat produk kosmetik berupa pelembab bibir dengan pewarna alami dari resin jernang, di mana penelitian ini dilaksanakan sejak tahun 2019 dan telah mendapatkan hak paten pada tahun 2020 terkait formula pelembab bibir jernang,” jelas Uce. 

Dari hasil uji klinis sebelum dipasarkan, ternyata Lipbalm Jernang ini mampu untuk mengobati bibir kering bagi 100 orang volunteer atau sukarelawan. Setelah penggunaan lipbalm ini, mengakibatkan bibir menjadi lembut, lembab, dan memerah alami. Hal ini disebabkan oleh kandungan dari dracorhodin jernang yang mampu menghilangkan luka pada bibir kering, dan komponen lain yang ada dalam Lipbalm mampu melembabkan bibir. 

Laristia Lipbalm telah memiliki sertifikasi halal dan diproduksi oleh PT. Inti Palm Lestari sejak tahun 2021 dengan Uce Lestari sebagai direkturnya. Laristia Lipbalm jernang sejak tahun 2022 telah masuk pasar retail yaitu M.Bloc Market Jambi yang berada di Teras Mendalo Citra Raya City Muaro Jambi. Dengan harga Rp. 25.000 yang sudah mampu untuk melembabkan  bibir kering dengan berbahan dasar alami. 

Sejauh ini, belum ada ditemukan di pasaran produk Lipbalm pelembab bibir dengan berbahan dasar alami dari Resin Jernang. Lipbalm ini juga bertujuan untuk menghindari penggunaan Lipbalm yang berbahan dasar zat kimia sintetis yang dapat mengakibatkan bibir menjadi hitam. Berdasarkan hal tersebut Uce Lestari memproduksi Laristia Lipbalm Jernang untuk mengangkat potensi hasil hutan yang ada di Provinsi Jambi.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS / Istimewa