Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Auto Suggestion Power (ASP) Siswa-Siswi SMPN Pakem Untuk Terus Berprestasi

Auto Suggestion Power (ASP) Siswa-Siswi SMPN Pakem Untuk Terus Berprestasi

Foto: Bapak Nurwahyudin Al-Azis, M.Pd memberikan Auto Suggestion Power (ASP) untuk peserta didik kelas IX (sembilan)

Keberhasilan belajar peserta didik sangat dipengaruhi oleh motivasi diri. Motivasi belajar yang tinggi dapat menggerakkan peserta didik untuk memiliki kemauan melakukan sesuatu yang dapat memperoleh hasil atau tujuan tertentu. SMP Negeri 4 Pakem selalu berupaya untuk memotivasi peserta didik untuk meraih prestasi tinggi.

Sebagaiamana diketahui orang tua dan siswa siswi SMPN 4 Pakem memiliki cita-cita dan harapan yang tinggi terkait prestasi dan kelanjutan studi. Siswa siswi kadang kadang baru sebatas keinginan tanpa disertai kemauan. Pasang surut semangat terjadi sepanjang tahun. Untuk itu, SMP Negeri 4 Pakem menggelar Achievement Motivation Training (AMT) dengan menghadirkan motivator Bapak Nur Wahyudin Al-Azis, M.Pd. Kegiatan yang dilaksanakan pada 21 November 2022 ini bertujuan untuk memberikan kesadaran pada peserta didik supaya mengetahui potensi yang ada pada dirinya serta memotivasi peserta didik tersebut untuk berprestasi semaksimal mungkin.

Foto: Peserta didik kelas IX (sembilan) mengikuti  Achievement Motivation Training (AMT) dengan penguatan Auto Suggestion Power (ASP)

Foto: Peserta didik kelas IX (sembilan) mengikuti Achievement Motivation Training (AMT) dengan penguatan Auto Suggestion Power (ASP)

Dalam kegiatan ini, Bapak Aziz menyampaikan materi Auto Suggestion Power (ASP) yang berkaitan dengan tips meraih sukses kepada seluruh peserta didik, yakni dimulai dengan menentukan tujuan. Tujuan yang jelas selanjutnya diikuti dengan langkah-langkah nyata dalam meraihnya. Setiap peserta didik juga perlu menargetkan sekolah mana yang menjadi tujuan, serta bagaimana memenuhi pesyaratan untuk masuk di sekolah yang diharapkan, termasuk juga menargetkan nilai setiap mata pelajaran pada ASPD.

“Dalam waktu dekat kalian akan mengikuti ASPD, dan kalian akan mendapatkan hasil yang terbaik, kalian akan menjadi siswa terbaik se-Indonesia. Yakinkan pada dirimu bahwa kamu pasti bisa meraihnya. Katakan pada dirimu, aku pasti bisa.” ucap Bapak Aziz untuk memotivasi peserta didik.

Tidak hanya peserta didik yang diberi penguatan, di hari yang sama juga diselenggarakan sosialisai SMA-SMA Unggulan dalam acara pertemuan orang tua yang dibarengi dengan pembagian nilai PPAD dan jumpa wali kelas. Harapannya orang tua dapat selalu memberikan motivasi dan pendampingan pada putra-putrinya. Tentunya sukses ASPD memerlukan kerja sama yang baik antara sekolah dan orang tua atau wali peserta didik, sehingga peserta didik dapat meraih prestasi tinggi ASPD dan diterima di sekolah yang diinginkan.