Kamis, 02 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Alat Deteksi Gas Alam Berbasis IoT Sabet Juara I pada Ajang T-Days #11

Alat Deteksi Gas Alam Berbasis IoT Sabet Juara I pada Ajang T-Days #11

Buat alat deteksi gas alam berbasis IoT, mahasiswa Fisika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) juara I ajang Technology Days #11 (Foto: Istimewa)

Tim mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Fisika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil menyabet juara pertama Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Desain Poster Tingkat Nasional pada agenda Technology Days (T-Days) #11 yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Industri (FTI) UAD. Dilansir dari Instagram @tdays.uad, lomba yang mengusung tema “Build Quality Technology Synergy for Sustainable Future” ini berlangsung sejak Minggu, 23 Oktober 2022, hingga pengumuman pemenang pada Sabtu, 26 November 2022.

Tiga mahasiswa yang semuanya dari Prodi Fisika angkatan 2020 itu yakni Muhamad Faishal Khairan selaku ketua tim, sementara Yuliana Safitri, Dhita Prarama Putra, dan Rini Suphia Nurhayati sebagai anggota. Faishal, sapaan akrabnya, bersama rekan timnya dari Fisika mengusung LKTI berjudul “Sistem Monitoring Level Gas Alam pada Kawah Gunung Berapi Berbasis Internet of Things (IoT) dengan PV dan Berdaya Rendah”.

Ia menjelaskan konsep IoT tersebut untuk mendeteksi gas alam yang muncul ke permukaan dan sekiranya membahayakan manusia yang tengah beraktivitas atau tinggal di area gunung aktif. “Dengan adanya alat ini, diharapkan masyarakat lebih mudah untuk mendeteksi keberadaan gas alam dan tingkat bahayanya. Terlebih lagi, alat yang kami buat ini sudah terhubung dengan aplikasi yang telah didesain sehingga akan mempermudah dalam pengoperasiannya.”

Lebih lanjut, dengan dibantu Umi Salamah, S.Si., M.Sc. selaku dosen pembimbing, Faishal menyampaikan proses riset yang dilakukan sebelum pembuatan LKTI lumayan panjang. “Kami membuat mulai dari awal dan memang ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami. Sedangkan penyusunan LKTI kami selesaikan kurang lebih 5 hari mendekati batas akhir pengumpulan karya pada,” jelas Faishal saat diwawancara pada Rabu, 30 November 2022.

Dengan usaha berbuah keberhasilan ini, Faisal berharap dapat merealisasikan alat yang telah dirancang bersama timnya. “Selanjutnya, semoga kami dapat meningkatkan prestasi dengan mengikuti lebih banyak ajang perlombaan lainnya,” tutupnya. (guf)

uad.ac.id