Minggu, 02 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Rektor UMSU Lantik Dekan dan Direktur Pascasarjana

Rektor UMSU Lantik  Dekan dan Direktur Pascasarjana

Medan – Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Prof. Dr. Agussani MAP melantik delapan dekan dan direktur pascasarjana periode 2021- 2025.. Pelantikan berlangsung, Senin pagi (25/10), di aula Pascasarjana UMSU Jalan Denai, Medan.

Dalam pelantikan ini, beberapa dekan fakultas melanjutkan untuk periode kedua sedangkan beberapa dekan lainnya merupakan pejabat baru.

Ada empat dekan yang melanjutkan jabatan untuk periode kedua yakni, Dr. Arifin Saleh Siregar MSi Dekan Fisip, Munawar Alfansuri Siregar ST MT, Dekan Fakultas Teknik, Januri SE, MM MSi Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr. Muhammad Qorib MA Dekan Fakultas Agaka Islam.

Lima dekan lainnya dan Direktur Pascasarjana merupakan wajah baru yakni,, Dr. Faisal SH Mhm Dekan Fakultas Hukum, Dra. Syamsuyurnita MP, Dekan Fakultas FKIP, Dr. Dafni Mawar Tarigan Dekan Fakultas Pertanian, dr. Siti Masliana Siregar Dekan Fakultas Kedokteran dan Al-Khowarizmi MKom Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi.

Sementara itu untuk Direktur Pascasarjana dipercayakan kepada Prof. Triono Edy M.Hum menggantikan Dr. Syaiful Bahri MAP.

Mengawali pelantikan itu, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya Manusia Dr. Akrim MPd membacakan SK Rektor untuk pengangkatan dan pemberhentian jabatan Dekan dan Direktur Pascasarjana.

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani berharap para dekan yang baru dilantik bisa menjadi ‘petarung’ guna memenangkan kompetisi dan mewujudkan UMSU sebagai perguruan tinggi berkelas internasional. Apa yang dicapai selama ini diharapkan bisa dipertahankan dan lebih ditingkatkan ke depannya.

Agussani menjelaskan, strategi pencapaian visi dan misi universitas melalui peningkatan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan tata kelola dan pemenuhan darana dan prasarana. Pencapaian tujuan itu sejalan dengan pelaksanaan tugas dan tanggungjawab, direktur pascasarjana dan para dekan dalam menjalankan tatakelola dengan baik.

Ada 7 strategi penting UMSU, mulai dari (1) tata kelola, (2) pengabdian masyarakat, (3) sarana dan prasarana, (4) pendidikan bermutu, (5) penelitian berkualitas, (6) jaringan dan kerjasama, (7) kualitas lulusan.

Pendidikan Bahgkan dari Dakwah

Sementara itu Ketua PW Muhammadiyah Sumatera Utara Prof. Dr. Hasyimsyah Nasution mengingatkan AD Muhammadiyah pasal-4 dimana Muhammadiyah adalah Gerakan Islam, Dakwah Amar Makruf Nahi Munkar. Untuk itu maka lembaga pendidikan tidak hanya sebagai learning society tapi juga sebagai lembaga dakwah yang dapat membawa lulusannya menjadi mereka beriman dan bertaqwa. Hasyimsyah mengingatkan kondisi global hari ini adalah era kompetitif yang sangat ketat yang membutuhkan energy lebih.

Tantangan Semakin Ketat

Ketua Majelis Litbangdikti PP Muhammadiyah Prof. Dr. Lincolin Arsyad menyampaikan tahniah kepada pejabat baru dilingkungan UMSU. Selamat bertugas semoga sukses menghadapi tantangan yang semakin berat.

Lincolin Arsyad kembali mengingatkan agar UMSU terus meningkatkan sumber daya dosen karena sesunghuhnya cerminan kualitas perguruan tinggi dilihat dari kualitas dosennya. ” Melihat banyak jumlah dosen yang sedang menempuh program S3, saya yakin masadepan UMSU akan semakin baik,” ujar Lincolin Arsyad.

Lincolin Arsyad mengingatkan beberapa hal yang harus dilakukan UMSU seperti, pengelolaan riset yang terencana dan meningkatkan kerjasama dengan banyak pihak.

Dia berharap, UMSU terus berkembang dan menjadi universitas terkuat dan menjadi contoh terbaik.

Bersamaan dengan pelantikan Direktur Pascasarjana dan Dekan dilingkungan UMSU berlangsung penyerahan bantuan CSR dari Bank BNI berupa sebuah mobil untuk UMSU.
Bantuan CSR itu disetahkan Pimpinan Wilayan Bank BNI Martinus Matondang kepada Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani.