Minggu, 29 Januari 2023
Sekolah Menengah Atas

CDA: Lengkapi Amunisi, Siapkan Siswa Masuk Perguruan Tinggi Negeri

CDA: Lengkapi Amunisi, Siapkan Siswa Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Bagaikan siap berangkat perang, prajurit harus memiliki amunisi dan strategi yang lengkap. Salah satu strateginya adalah memahami betul seperti apa medan pertempurannya, termasuk mengetahui seperti apa kondisi lokasinya, peluang menyusup ke lokasi, trik menghadapi musuh di lokasi, dan lain-lain. Seperti halnya para prajurit, siswa SMAHA (SMA Islam Hidayatullah) kelas XII yang sebentar lagi akan melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi, maka perlu memiliki pengetahuan yang baik tentang perguruan tinggi, fakultas, ataupun program studi yang ingin dimasuki.

Untuk itu pada hari ini, Rabu, 11 Januari 2023 para siswa SMAHA kelas XII jurusan MIPA melaksanakan kegiatan CDA (Campus Day Attachment) di Fakultas Kedokteran Undip Semarang. CDA adalah kegiatan kunjungan ke kampus yang bertujuan untuk menambah wawasan kampus termasuk mengetahui strategi masuk perguruan tinggi. Kegiatan yang sama juga telah dilaksanakan para siswa kelas XII IPS 1 yang mengunjungi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip pada Senin, 12 Desember 2022.

“CDA ini penting sekali untuk para siswa khususnya kelas XII untuk mendekatkan mimpi mereka dengan dunia kampus. Anak-anak tidak hanya mendengarkan segala penjelasan tentang strategi masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) namun juga mengikuti perkuliahan singkat. Jadi setidaknya mereka bisa merasakan seperti apa rasanya mengikuti kuliah di perguruan tinggi.” Ungkap Bu Etik Ningsih, S. Pd., Kepala SMAHA saat memberi sambutan CDA di FEB Undip.

Seperti halnya Bu Etik, Pak Taufik Nur Hidayat, S. Pd., Waka Kurikulum SMAHA juga menyampaikan hal senada di sela-sela memberikan sambutan CDA di FK Undip, bahwa kegiatan CDA ini sangat dinanti oleh para siswa karena banyak diantara anak-anak yang ingin sekali melanjutkan di FK Undip. Harapannya kegiatan ini semakin menambah wawasan dan anak-anak bisa semakin baik persiapannya untuk diterima di FK Undip.

Kegiatan CDA pada hari ini berlangsung lancar mulai dari pagi hiangga siang hari. Diterima oleh Dr. Diana Nur Afifah, S.T.P., M. Si. selaku Ketua Program Studi Gizi dan dr. Ryan Halleyantoro, M. Biomed., Sp. Par. K sebagai Sekretaris Program Studi Kedokteran. Beliau berdua sebagai narasumber yang menjawab segala pertanyaan anak-anak seputar FK Undip.

“Senang sekali mengikuti CDA di FK Undip ini karena saya memang ingin sekali bisa diterima di sini. Saya semakin semangat menyiapkan diri dan semoga bisa tembus masuk di FK Undip ini.” Jelas Najla Widya Sasono, XII MIPA 2.