Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Asah Kemampuan Komunikasi, Kelas Internasional Jurusan Pendidikan Ekonomi Selenggarakan Academic Recharging

International Undergraduate Program – Department of Economics Education (IUP -DEE) Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (UNNES) sukses selenggarakan Academic Recharging.

Kegiatan ini mengusung tema Improving Speaking for Lecturer (01/02) bertempat di ruang refleksi Fakultas Ekonomi. Hadir sebagai narasumber Girindra Putri Dewi Saraswati SPd MA dan Sri Sumaryani SS MA. Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi, Ahmad Nurkhin, SPd MSi.

“Kita harus siap dengan tantangan dan globalisasi yang ada, sehingga dibutuhkan strategi menyikapinya diantaranya penguasaan bahasa asing (bahasa inggris). Dengan menguasai bahasa inggris seperti speaking maka kita dapat berkomunikasi dengan lancar dengan mahasiswa asing yang ada di kelas. Selain itu kita juga dapat berkomunikasi dengan banyak orang dari berbagai penjuru dunia”, tegas Ahmad Nurkhin.

Peserta kegiatan adalah dosen Jurusan Pendidikan Ekonomi yang mengajar di kelas internasional. Jurusan Pendidikan Ekonomi memiliki tiga kelas internasional yaitu kelas Accounting Education, Cooperative Education, dan Office and Administration Education.

Dalam pengisian akademik peserta ini dibagi dalam dua kelompok. Setiap kelompok melakukan praktik berbicara di depan umum dengan kemampuan masing-masing. Selanjutnya dalam sesinya terdapat tiga materi praktik yaitu free speaking, mini learning, dan evaluasi.

Pada sesi berbicara, peserta diminta berbicara bebas sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan mengungkapkan kalimat dalam bentuk percakapan. Selanjutnya, sesi mini learning dilakukan dalam bentuk kelompok kecil membahas topik tertentu sehingga dapat menyampaikan materi dengan tepat.

Pada sesi akhir adalah evaluasi yang digunakan untuk menilai pelaksanaan setiap sesi sehingga dapat diketahui kekurangan dan kelebihan masing-masing peserta. Semua rangkaian kegiatan dikemas dalam bentuk menarik dan komunikatif sehingga peserta sangat antusias dan semangat.