Senin, 06 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Mampir Sebentar, Yuk Kenalan dengan Prodi Teknik Mesin

Mampir Sebentar, Yuk Kenalan dengan Prodi Teknik Mesin

Teknik mesin atau mechanical engineering adalah salah satu cabang ilmu teknik yang paling penting dan relevan dalam dunia modern. Mahasiswa akan diajak mendalami tentang prinsip-prinsip mekanik dan penggunaan teknologi terkini.

Lulusan mechanical engineering memiliki banyak sekali peluang karir. Lebih dari itu, mereka yang mengambil jurusan ini juga punya potensi untuk menciptakan inovasi teknologi. 

Mengenal Lebih Dekat Jurusan Teknik Mesin

Ada beberapa mata kuliah yang nantinya akan diajarkan ketika kamu memutuskan untuk mengambil jurusan Mechanical Engineering, di antaranya:

1. Termodinamika

Mata kuliah Termodinamika mempelajari prinsip dasar termodinamika dan aplikasinya dalam sistem mesin termal, seperti mesin pembakaran dalam dan turbin uap. Nantinya, kamu akan mempelajari ini di awal-awal semester.

2. Mekanika Bahan

Selanjutnya, ada mata kuliah tentang Mekanika Bahan. Mata kuliah ini mempelajari perilaku material dan struktur dalam kondisi beban statis dan dinamis untuk merancang komponen mesin yang kuat dan tahan lama.

3. Desain Mesin

Mengambil jurusan teknik mesin juga akan mengajak kamu untuk mempelajari teknik desain dan pemodelan untuk merancang komponen mesin, menggunakan perangkat lunak CAD/CAM untuk mendukung proses desain.

Baca juga: 6 Fasilitas UNNES yang Bikin Mahasiswa Betah Kuliah!

Selain itu, kamu juga akan mempelajari tentang sistem kontrol otomatis untuk mengatur dan mengoptimalkan kinerja mesin dan sistem mekanik.

4. Mekanika Fluida

Selanjutnya, menjadi mahasiswa mechanical engineering juga akan membuatmu belajar tentang mekanika fluida dalam konteks yang lebih mendalam, termasuk teori aliran turbulen dan aplikasinya dalam desain mesin.

Prospek Kerja untuk Lulusan Teknik Mesin

Masih banyak mata kuliah lainnya yang nantinya kamu pelajari ketika mengambil jurusan mechanical engineering. Sekarang, yuk kenalan lebih jauh mengenai prospek kerjanya di sini!

1. Teknisi Pemeliharaan Mesin

Prospek kerja yang pertama adalah menjadi seorang teknisi pemeliharaan mesin. Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk memastikan mesin dan peralatan mekanik beroperasi dengan lancar dan efisien.

2. Teknisi Struktural

Prospek karir selanjutnya adalah menjadi seorang teknisi struktural. Lalu apa tugasnya? Tugas teknisi struktural adalah melakukan perhitungan struktural, merancang struktur sesuai dengan standar keselamatan dan kekuatan, serta mengawasi proses konstruksi.

3. Konsultan Mekanik

Terakhir, kamu bisa menjadi konsultan teknik mekanik yang memberikan saran dan solusi teknis kepada klien atau perusahaan terkait masalah teknis yang mereka hadapi.

Kalau kamu ingin belajar mengenai mechanical engineering dengan kurikulum terbaik dan didukung oleh tenaga pengajar berpengalaman, yuk ambil jurusan teknik mesin hanya di Universitas Negeri Semarang (UNNES)!