Rabu, 08 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Meski Pusing, Ini Pekerjaan dan Gaji Lulusan Prodi Statistika

Meski Pusing, Ini Pekerjaan dan Gaji Lulusan Prodi Statistika

Prodi (program studi) statistika adalah salah satu prodi yang menawarkan prospek cerah bagi para lulusannya. Menjalani berbagai mata kuliah dalam prodi ini memang cukup memusingkan dan menantang. Namun, lulusan prodi statistika memiliki kesempatan karir yang cukup luas.

Ada berbagai pekerjaan dengan gaji lumayan memuaskan yang bisa mereka lamar. Kesempatan ini muncul karena ilmu statistika sangat diperlukan dalam pembuatan kebijakan.

Daftar Pekerjaan dan Gaji Lulusan Prodi Statistika

Apa saja pekerjaan yang dapat dilamar oleh lulusan program studi statistika? Di bawah ini daftar pekerjaan tersebut beserta kisaran gajinya, baca hingga akhir ya!

1. ASN

Menjadi ASN merupakan impian banyak orang. Salah satu jalan untuk menjadi ASN adalah dengan kuliah di prodi atau jurusan statistik. 

Ada banyak lembaga pemerintahan yang memerlukan lulusan prodi ini, contohnya BPS. Gaji ASN di lembaga-lembaga ini mulai dari 3 juta rupiah per bulan.

2. Market Researcher

Pekerjaan keren lainnya yang terbuka untuk lulusan statistika adalah market researcher. Sebagai peneliti pasar, seorang market researcher melakukan penelitian guna mengumpulkan market data

Data ini sangat dibutuhkan oleh pebisnis atau petinggi perusahaan untuk mengambil keputusan. Gaji yang diperoleh market researcher kurang lebih 5 juta rupiah tiap bulan.

3. Analis Keuangan

Para lulusan statistika juga dapat bekerja sebagai analis keuangan perusahaan. Seorang analis keuangan memperoleh gaji sekitar 3 juta rupiah per bulan.

4. Data Scientist

Data scientist merupakan peluang kerja baru bagi lulusan prodi statistika. Profesi ini bertugas mengumpulkan informasi dari berbagai sumber serta menelaah data ini untuk berbagai keperluan perusahaan. 

Baca juga: Prospek Kerja Teknik Elektro, Bisa Jadi Ahli Robotik Lho!

Gaji bulanan seorang data scientist cukup fantastis, yaitu mulai dari 10 juta rupiah.

5. Aktuaris

Para aktuaris umumnya bekerja untuk perusahaan asuransi. Job desc mereka adalah menganalisis risiko keuangan dalam asuransi. Seorang aktuaris memperoleh pendapatan sekitar 6 juta rupiah per bulan.

6. Analis Bisnis

Seorang analis bisnis memiliki tugas untuk mengolah informasi dan membantu perusahaan merencanakan strategi bisnis. Seorang analis bisnis dapat memperoleh gaji bulanan sekitar 5 juta hingga 17 juta rupiah.

7. Dosen

Lulusan jurusan statistika yang ingin berkarir di bidang akademik dapat memilih profesi sebagai dosen. Peluang rekrutmen dosen statistik cukup besar karena banyak universitas yang memiliki prodi atau jurusan statistika.

Namun, untuk menjadi dosen statistika, lulusan harus menempuh S2 terlebih dahulu. Seorang dosen statistika memperoleh gaji mulai dari 4 juta rupiah per bulan.

Program studi statistika bisa dibilang sebagai salah satu jalan menuju kesuksesan karir. Oleh karena itu, kamu yang memiliki minat dalam statistika dan ingin meraih kesuksesan tersebut dapat mendaftar ke prodi statistika di UNNES

Jurusan statistika UNNES telah berhasil mendapatkan akreditasi Unggul (A) dari BAN PT. Ini menunjukkan kualitas tenaga pendidik yang profesional dan kurikulum yang baik.

Tak perlu ragu lagi, UNNES menunggu kehadiran kamu dengan senang hati!