Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa PPG Prajabatan UNNES Kembangkan Skanida Store Sebagai Solusi Pemasaran Digital Bagi Siswa SMKN 2 Semarang

Mahasiswa PPG Prajabatan UNNES Kembangkan Skanida Store Sebagai Solusi Pemasaran Digital Bagi Siswa SMKN 2 Semarang

Program studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Negeri Semarang (UNNES) melalui mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 tahun 2023 menyelenggarakan kegiatan projek kepemimpinan. Kegiatan yang bertemakan “Launching dan Pelatihan Website Skanida Store SMK Negeri 2 Semarang” dilaksanakan pada Kamis (25/4) di ruang Lab bisnis pemasaran SMK Negeri 2 Semarang .

Kegiatan ini diprakarsai oleh kelompok A yang terdiri dari 8 mahasiswa PPG UNNES dari jurusan Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim. Kegiatan ini memanfaatkan pengembangan website sebagai strategi pemasaran produk guna memperluas jangkauan produk secara online, mencapai pasar yang lebih luas dan meningkatkan penjualan.

Dengan kombinasi keterampilan teknis dalam pengembangan website dan pemahaman tentang pemasaran digital melalui platform online store dapat memberikan landasan yang kuat bagi siswa SMK 2 Semarang untuk memasuki dunia wirausaha modern yang didukung oleh teknologi.

Saat ini, website Skanida Store sudah dapat diakses oleh masyarakat umum melalui laman https://skanidastore.smkn2semarang.sch.id/.

Ahmad Sahal Fikri, S.Kom., selaku ketua tim kegiatan projek kepemimpinan menjelaskan Website yang merupakan hasil dari proyek kepemimpinan adalah salah satu mata kuliah wajib dalam PPG Prajabatan. Melalui mata kuliah ini diharapkan para mahasiswa dapat memiliki kompetensi yang komprehensif, yaitu tidak hanya sebatas pada pendidikan dan pengajaran, tetapi juga dapat menjadi agen perubahan dengan mampu memecahkan persoalan, baik di dalam sekolah maupun di masyarakat.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Dosen, Kepala Sekolah beserta jajarannya, Guru serta perwakilan siswa setiap kompetensi keahlian. Dalam sambutannya, Drs. Henry Ananta, M.Pd., dosen pengampu mata kuliah projek kepemimpinan mengungkapkan harapannya untuk untuk website tersebut.

“Harapan saya ini bisa terus berkembang, bisa menyaingi platform e-commerce yang lain.” papar Henry.

Sejalan dengan Henry, Heru Tri Septiyanto S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah SMK N 2 Semarang bidang Kesiswaan juga mengapresiasi kegiatan ini.

“Saya sangat berterimakasih atas kerja keras tim mahasiswa yang sudah mengembangkan website skanida store. Sangat bermanfaat, segera segera digunakan dan berkembang sesuai kebutuhan selanjutnya” ujar Heru dalam sambutannya.

Diharapkan dengan pengembangan yang dilakukan pada karya-karya tersebut dapat terus memberikan manfaat bagi masyarakat.