Rabu, 08 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Materi SNBT 2024, Benarkah Ada Essay?

Materi SNBT 2024, Benarkah Ada Essay?

Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024 semakin dekat. Calon mahasiswa baru pasti sudah mulai belajar intensif untuk mempersiapkan diri mengikuti tes tersebut. Materi SNBT 2024 kabarnya akan terdiri dari tiga jenis materi.

Apakah materi tes ini nantinya memiliki soal essay? Calon maba tidak perlu khawatir mengenai soal essay dalam SNBT. Beberapa sumber mengatakan bahwa tes SNBT pada tahun ini memiliki bentuk dan materi yang sama seperti tahun sebelumnya. Seperti apakah materi soal tersebut?

Materi yang Akan Diujikan Dalam SNBT 2024

Mengetahui bahan ujian SNBT 2024 merupakan hal yang sangat penting bagi calon peserta tes. Dengan mengetahui materi tersebut, calon peserta dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik. Berikut ini 3 materi yang akan diujikan dalam SNBT tahun ini!

1. Tes Potensi Skolastik atau TPS

TPS bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif yang diperlukan untuk meraih kesuksesan di perguruan tinggi. Materi SNBT 2024 ini terdiri dari empat bagian. 

Tiap bagian/sub materi nantinya akan memiliki jumlah soal berbeda-beda dan waktu pengerjaan yang tidak sama.

Di bawah ini 4 sub materi TPS yang akan diujikan pada SNBT 2024 beserta detail jumlah soal dan waktu pengerjaannya.

  • Kemampuan Penalaran Umum: Terdiri dari 30 soal dan harus diselesaikan dalam waktu 30 menit.
  • Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis: Mengandung 20 soal dengan waktu pengerjaan 25 menit. Materi tidak memiliki soal essay, tapi terdapat soal isian kalimat rumpang.
  • Pengetahuan Kuantitatif: Materi pengetahuan kuantitatif terdiri dari 15 soal dengan batas waktu pengerjaan soal 20 menit.
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum: Sub materi tes ini harus diselesaikan dalam waktu 15 menit dengan jumlah soal sebanyak 20 soal.

2. Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Tujuan tes literasi tersebut adalah untuk mengukur kemampuan calon maba dalam memahami, mengevaluasi, dan menggunakan jenis-jenis teks. Dalam tes ini, peserta SNBT akan mengerjakan 30 soal Bahasa Indonesia selama 45 menit.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan di Masa Depan, Adakah Prodi Impianmu

Mereka juga akan mengerjakan 20 soal Bahasa Inggris selama 30 menit. Meski merupakan tes yang berkaitan dengan bahasa, namun tes ini tidak memiliki soal essay.

3. Penalaran Matematika

Tes penalaran matematika mengukur kemampuan calon maba dalam menerapkan konsep, alat, dan prosedur matematika dalam kehidupan sehari-hari. Peserta tes akan diberi waktu 30 menit untuk menyelesaikan 20 soal penalaran matematika.

Selain harus mengetahui materi SNBT 2024, calon maba yang ingin masuk PTN juga wajib mengetahui syarat pendaftaran serta jadwal pendaftaran dan pelaksanaan tes. Jadi, terus pantau informasi dari Kemdikbud ya!