Jumat, 17 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Kenakan Pakaian Adat Nusantara, UNNES Peringati Hardiknas 2024

Kenakan Pakaian Adat Nusantara, UNNES Peringati Hardiknas 2024

Universitas Negeri Semarang (UNNES) meriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini dengan sebuah langkah yang unik. Memperlihatkan keberagaman budaya yang kaya di Indonesia, para civitas akademika UNNES mengenakan pakaian adat Nusantara dalam upacara peringatan Hardiknas hari ini, Kamis (02/05/2024).

Dengan semangat memperingati pentingnya pendidikan bagi kemajuan bangsa, para dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa UNNES mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari kebaya dan kain batik Jawa, hingga baju bodo dari Sulawesi Selatan. Keberagaman budaya Indonesia begitu nyata terwujud dalam suasana peringatan Hardiknas tahun ini di UNNES.

Bertindak sebagai Pembina Upacara ialah Rektor UNNES, Prof. Dr. S Martono, M.Si. yang membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dalam sambutannya, Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan kembalinya keceriaan dan keberanian anak-anak Indonesia untuk bermimpi.

“Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas,” tulis Mendikbudristek sebagaimana yang dibacakan oleh Rektor UNNES.

Peringatan Hardiknas tahun ini di UNNES tidak hanya menjadi momentum untuk merayakan kemajuan pendidikan, tetapi juga untuk mengingatkan bahwa pendidikan sejati adalah pendidikan yang menghargai dan memelihara keberagaman budaya bangsa.