Selasa, 07 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Jurusan fisika, Prodi Sepi Peminat tapi Peluang Kerjanya Tinggi

Jurusan fisika, Prodi Sepi Peminat tapi Peluang Kerjanya Tinggi

Jurusan fisika sering kali dianggap sebagai salah satu disiplin ilmu yang kurang menarik minat calon mahasiswa. Pandangan ini muncul karena kesan bahwa fisika adalah bidang studi yang abstrak dan sulit, sehingga banyak yang menghindarinya. 

Meskipun jumlah peminatnya tidak sebanyak jurusan lain, realita yang terjadi di dunia kerja justru menunjukkan potensi yang berbeda. Lulusan fisika memiliki peluang karir yang luas dan menjanjikan, membentang dari riset dan pengembangan hingga analisis data.

Peluang Kerja Menjanjikan bagi Lulusan Jurusan fisika

Prodi fisika membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip dasar alam semesta, dari partikel subatomik hingga struktur kosmos. 

Mata kuliah yang diajarkan dalam jurusan ini ada banyak sekali. Tidak heran kalau prospek kerjanya juga menjanjikan! Yuk, intip!

1. Peneliti

Peluang karir yang pertama adalah menjadi seorang peneliti di bidang ilmu fisika. Sebagai peneliti fisika, lulusan prodi ini dapat terlibat dalam penelitian dasar atau terapan di laboratorium, universitas, atau lembaga penelitian.

Tanggung jawabnya sangat beragam, yakni meneliti dan mempelajari berbagai fenomena fisika, mulai dari mekanika kuantum hingga fisika benda padat.

2.Teknisi Laboratorium

Lulusan jurusan fisika juga dapat bekerja sebagai teknisi laboratorium di berbagai institusi penelitian atau perusahaan.

Baca juga: Prospek Kerja Teknik Elektro, Bisa Jadi Ahli Robotik Lho!

Pekerjaan ini akan sepenuhnya bertanggung jawab untuk merancang dan mengoperasikan percobaan fisika, serta menganalisis dan menginterpretasi data eksperimental.

3. Konsultan

Tahukah kamu bahwa lulusan jurusan fisika juga bisa menjadi seorang konsultan? Dengan pemahaman tentang energi dan materi, lulusan fisika dapat bekerja sebagai konsultan energi.

Kamu bisa bekerja untuk membantu perusahaan atau pemerintah merancang solusi untuk mengurangi konsumsi energi dan meningkatkan efisiensi energi.

4. Pengembangan Perangkat Medis

Dalam industri kesehatan, lulusan prodi fisika juga dapat bekerja untuk mengembangkan perangkat medis, seperti pencitraan medis, terapi radiasi, atau instrumen medis lainnya.

Kamu bisa mengimplementasikan pemahaman tentang fisika untuk merancang dan menguji teknologi medis baru.

Dengan keterampilan analisis yang kuat, lulusan prodi fisika memiliki banyak peluang karir yang menjanjikan di berbagai bidang. Jadi, meskipun jurusan ini sepi peminat, peluang kerjanya masih terbuka lebar!

Jika kamu ingin memiliki karir yang lebih luas di bidang ini, yuk daftar menjadi mahasiswa jurusan fisika di UNNES! 

Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka banyak kuota dalam seleksi mahasiswa baru tahun 2024 di jurusan ini lho!Bergabunglah dengan UNNES, salah satu kampus terbaik di Jawa Tengah yang akan membantu mewujudkan potensi kamu! Cek pendaftaran mahasiswa baru hanya di sini!