Selasa, 07 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Jurusan Sistem Informasi, Prodi Favorit Mahasiswa di Era Digital

Jurusan Sistem Informasi, Prodi Favorit Mahasiswa di Era Digital

Jurusan sistem informasi adalah salah satu prodi yang sangat diminati, apalagi di era digital ini. Bisa dibilang program studi ini memiliki relevansi yang tepat dan cocok dengan tuntutan industri saat ini. Belum lagi peluang karier yang dimiliki oleh lulusan juga sangat luas.

Dengan kurikulum yang komprehensif mahasiswa prodi sistem informasi bisa menjadi salah satu lulusan yang sangat dibutuhkan di pasar kerja. Tidak heran jika banyak sekali calon mahasiswa ingin mengambil jurusan ini. 

Lantas apa prospek kerja lulusan prodi ini hingga membuatnya banyak disukai?

Prospek Karier bagi Lulusan Jurusan Sistem Informasi

Prodi sistem informasi semakin diminati karena kesempatan karier yang luas dan punya potensi penghasilan yang menjanjikan. Berikut ini adalah 7 prospek karier menarik yang dapat dikejar oleh para alumni prodi sistem informasi:

1. Analisis Sistem

Lulusan prodi sistem informasi bisa berpeluang menjadi seorang analis sistem. Pekerjaan analis sistem dapat memainkan peran penting dalam menganalisis kebutuhan teknologi informasi suatu organisasi.

Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk merancang solusi teknologi informasi yang sesuai dengan proses bisnis organisasi tersebut.

2. Pengembang Perangkat Lunak

Dengan keterampilan pemrograman dan pengembangan perangkat lunak yang dipelajari selama kuliah, lulusan sistem informasi dapat bekerja sebagai pengembang perangkat lunak.

Baca juga: Perbedaan Sistem Informasi dan Teknik Informatika, Jangan Sampai Salah Pilih

Para lulusan jurusan ini bisa dipercaya untuk merancang, mengembangkan, dan menguji perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan klien atau organisasi.

3. Manajer Proyek TI

Para lulusan jurusan sistem informasi juga bisa menjadi seorang manajer proyek TI! Pekerjaan ini punya tanggung jawab penuh untuk merencanakan, mengorganisir, dan mengawasi proyek-proyek TI dari awal hingga selesai

4. Administrator Basis Data

Lulusan sistem informasi juga punya prospek kerja yang bagus untuk bekerja sebagai administrator basis data.

Lalu apa tugas kerjanya? Nah, tugas kerjanya sendiri adalah mengelola dan memelihara basis data organisasi, serta memastikan keamanan dan integritas data.

5. Konsultan TI

Selain jadi manajer proyek, lulus dari prodi sistem informasi juga bisa berpeluang menjadi seorang konsultan TI, lho!

Kamu dapat memberikan saran dan solusi teknis kepada klien tentang implementasi teknologi informasi yang efektif dan efisien. Peran kamu adalah membantu perusahaan dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah teknologi informasi yang kompleks.

Kalau kamu ingin memiliki kesempatan untuk meraih kesuksesan dalam dunia teknologi informasi, segera bergabung menjadi mahasiswa jurusan Sistem Informasi di UNNES!

Kuliah di UNNES akan membantu kamu mengasah ilmu dan keterampilan profesional!